Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bisa Terjadi Kapan Saja, Selalu Pakai Riding Gear yang Aman

Kompas.com - 28/12/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil dan motor di Ragunan, Jakarta Selatan. Singkatnya, mobil kehilangan kendali dan menyeberang ke lajur lawan sehingga menabrak tiga motor.

Akibatnya satu orang meninggal, satu orang luka berat dan satu orang luka ringan.

Tentu saja dengan melihat kejadian seperti ini, kecelakaan datang bisa di mana dan kapan saja, tanpa diduga-duga. Kadang ketika sudah menaati aturan, ada saja kondisi yang tidak bisa dikendalikan oleh pengendara motor dan malah bisa mencelakakan dirinya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, dalam berkendara ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dimiliki agar bisa selamat dalam perjalanannya.

Baca juga: Pilihan SUV Baru Seharga Nissan Magnite, Bisa Dapat Terios hingga XL7

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

“Dalam berkendara, yang harus diperhatikan adalah penggunaan riding gear yang aman dan cara berkendara dengan mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (27/12/2020).

Selain itu, Agus mengatakan, pengendara diharapkan mempunyai skill berkendara yang baik agar selalu sigap. Kemudian juga mempunyai refleks yang baik dalam menghindari kejadian yang datang tiba-tiba.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 50 Jutaan Akhir Tahun, Ada Serena, CR-V hingga BMW

Skill berkendara yang baik itu mampu mengoperasikan instrumen sepeda motor dan mengerem dengan benar. Mampu berkendara zig-zag dan bermanuver secara aman dan memprediksi bahaya yang akan terjadi,” kata Agus.

Memang agak sulit menghindar jika kejadiannya cepat seperti kecelakaan di Jl. Ragunan kemarin. Namun memakai riding gear yang lengkap dan aman setidaknya bisa mengurangi risiko cedera parah jika tertabrak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com