Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamor Valentino Rossi Sudah Memudar, Sudah Saatnya Pensiun?

Kompas.com - 24/12/2020, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa pebalap veteran Valentino Rossi masih menjadi daya tarik utama pada ajang MotoGP. Meski kini prestasinya tidak segemilang dulu, penggemar The Doctor tetap terlihat mendominasi.

Padahal sejak 2019, Valentino Rossi tidak pernah menjadi juara lagi. Bahkan pebalap berusia 41 tahun ini juga tidak pernah memenangi balapan dalam tiga musim terakhir.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa pebalap asal Italia itu memiliki peran besar atas pamor ajang MotoGP. Beberapa pihak berpendapat bahwa MotoGP akan kehilangan sebagian besar basis penggemar ketika Rossi pensiun. Namun, tidak semua orang setuju.

Baca juga: Legenda MotoGP Bilang Marc Marquez akan Berat Hadapi Musim 2021

Kepala Tim LCR Honda Lucio Cecchinello, menilai MotoGP masih bisa bertahan setelah Rossi menutup kariernya.

Pebalap MotoGP menurunkan kaki saat akan masuk tikungan. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Pebalap MotoGP menurunkan kaki saat akan masuk tikungan. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

“Pensiunnya Valentino Rossi mungkin akan membuat beberapa jenis penonton seperti orang tua dan ibu rumah tangga pergi. Tapi, penggemar inti dari MotoGP tidak akan pergi. Rossi sedang berada dalam fase memudar dan publik akan terbiasa dengan wajah-wajah pebalap baru,” ucap Cecchinello dikutip dari GPOne, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Bo Bendsneyder Jadi Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team

Lucio Cecchinello menambahkan, keluarnya Rossi akan membuat pembalap-pembalap MotoGP saat ini mendapatkan penggemar baru. Seperti halnya yang terjadi pada ajang Formula 1 setelah meninggalnya pembalap karismatik, Ayrton Senna akibat kecelakaan tragis.

"Ketika Senna meninggal banyak orang yang berkata Formula 1 akan kehilangan penggemar. Akan tetapi, media berhasil membuat figur baru, Michael Schumacher dan Lewis Hamilton, misalnya," katanya.

Di musim depan Valentino Rossi akan bahu membahu bersama muridnya Franco Morbidelli untuk memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com