Kompas.com - 24/12/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez absen hampir satu musim penuh karena cedera yang dialaminya. Sampai sekarang, dia masih menjalani proses penyembuhan.

Beberapa waktu lali, pebalap asal Spanyol ini bahkan baru saja menjalani operasi ketiga karena terjadi infeksi pada cederanya. Maka itu, dirinya diharuskan beristirahat penuh agar sembuh total.

Baca juga: Ujung Knalpot RC213V Marc Marquez, Dijual Rp 40 Jutaan

Sebagian orang memprediksi Marc masih akan absen di seri pembuka. Sebagian lainnya, berharap pebalap Repsol Honda tersebut cepat kembali ke atas motornya.

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Pebalap legendaris MotoGP, Kevin Schwantz, mengatakan, semakin lama Marc cedera, akan semakin berat baginya untuk mengumpulkan kembali kekuatannya.

"Ketika saya masih balapan, saya selalu memiliki feeling bahwa butuh tiga kali lebih lama untuk kembali menjadi yang terbaik secara mental dan secara fisik, jika saya absen satu bulan," ujar Schwantz, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: Usai Pulih, Marc Marquez Bakal Kembali Mendominasi MotoGP

Schwantz menambahkan, butuh waktu untuk kembali ke trek, dan semakin lama Anda jauh dari trek, maka akan butuh waktu lebih lama lagi.

"Tiba-tiba, Anda sadar sudah lima detik lebih lambat, karena kepala Anda sudah tidak terbiasa apa yang terjadi pada 300 kilometer per jam," kata Schwantz.

Marc Marquez umumkan dirinya akan kembali balapan pada MotoGP 2021instagram.com/marcmarquez93 Marc Marquez umumkan dirinya akan kembali balapan pada MotoGP 2021

Menurutnya, jika ada seseorang yang bisa melakukannya, kembali ke sirkuit dengan kondisi terbaiknya, maka orang itu adalah Marc. Namun, Schwantz juga memperingatkan Marc.

"Ini tidak akan mudah. Dia sudah tidak balapan dalam waktu yang sangat lama sebelumnya dan dia memulai balapan sangat awal. Kehabisan waktu sangat berbahaya jika dia harus kehilangan satu musim lagi dan menjalani beberapa operasi lagi, ini akan sangat sulit baginya," ujar Schwantz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.