Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Begini Aturan Pasang Roof Box di Mobil

Kompas.com - 17/12/2020, 09:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berlibur ke luar kota menggunakan mobil bersama keluarga, suasana kabin akan terasa lebih nyaman jika kondisinya lebih lega. Untuk itu, banyak pemilik mobil yang ingin memasang roof box.

Didi Ahadi, selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam memasang roof box ada aturan mainnya, bahkan tak semua mobil bisa mengaplikasinya.

Baca juga: Jelang Nataru, Pertamina Siapkan Pertashop di Rest Area Tol Trans Jawa

"Paling utama itu roof box hanya untuk mobil-mobil yang dari pabrikan sudah ditentukan titik-titiknya atau sudah terpasang roof rail, seperti jenis MPV atau SUV. Mungkin kalau di Toyota, seperti Fortuner, Rush, atau Innova," ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Mobil pakai roof boxStanly/Otomania Mobil pakai roof box

Meskipun beberapa mobil sudah bisa menggunakan roof box, tapi tetap saja ada regulasi dalam memasangnya. Hal yang paling penting adalah memerhatikan bobot maksimal dari daya tampung roof box tersebut.

Jangan sampai mengisi roof box terlalu penuh atau berat hingga overload. Menurut Didi, acuan dari buku manual menentukan bila berat barang termasuk kompartemen tambahan di atas atap tak boleh lebih dari 75 kg.

Baca juga: Touring Naik Motor Saat Libur Nataru, Jangan Lupa Bawa 7 Tool Kit Ini

"Kalau dari kami tidak menyarankan mobil yang tanpa roof rail dari pabrikan memasang roof box, seperti hatchback atau sedan, jadi memang tidak bisa sembarangan karena menyangkut soal safety," kata Didi.

Didi mengingatkan, dengan memasang roof box otomatis akan membuat hambatan angin makin besar. Sehingga, bisa berdampak pada keseimbangan hingga konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Tren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeriInstagram/@kikianugraha Tren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeri

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, stabilitas kendali mobil dapat terganggu jika membawa barang di atas mobil. Sebab, saat beban di atas berlebih akan berpengaruh pada kurangnya traksi di roda depan.

"Tetap perhatikan barang bawaan, bila memang mau meletakan banyak barang, usahakan yang sifatnya ringan-ringan saja. Tidak kalah penting masalah kualitas dari roof box dan roof rack tersebut, kalau bisa cari yang punya kualitas dan sudah terpercaya," ujar Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com