Damri Luncurkan Bus Disabilitas NTB Gemilang

Kompas.com - 17/12/2020, 09:02 WIB
Peresmian Bus Disabilitas NTB Gemilang DamriPeresmian Bus Disabilitas NTB Gemilang

MATARAM, KOMPAS.comDamri resmi melayani bus ramah lansia, disabilitas, dan lingkungan untuk rute layanan dalam kota di Porvinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Layanan ini bertujuan untuk menunjang kemandirian sahabat disabilitas seperti untuk sekolah, bekerja, dan lainnya.

Peresmian bus disabilitas ini dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB, Rabu (16/12/2020). Acara peresmian ditandai dengan penyerahan Piagam Kesepakatan Pengoperasionalan Bus Disabilitas NTB Gemilang dari Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah kepada Direktur Utama Damri Setia N Milatia Moemin.

Rohmi mengapresiasi kerja sama dengan Damri dan mengatakan, dimulainya layanan bus disabilitas di NTB ini menegaskan bahwa NTB adalah provinsi yang ramah disabilitas.

Baca juga: Jangan Menggelar Kasur pada Kabin Mobil Saat Pergi Berlibur

Peresmian Bus Disabilitas NTB GemilangDamri Peresmian Bus Disabilitas NTB Gemilang

"Kelompok disabilitas bukanah beban, mereka juga punya hak berkegiatan dan berkarya bersama-sama dengan kita," kata Rohmi dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (16/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Setia juga mengatakan kerja sama antara Damri dan Dishub NTB untuk mengoperasikan bus disabilitas sejak Oktober 2020. Rencananya untuk 2021, akan ditambah jumlah armadanya.

“Pada tahun 2021 akan direalisasikan lima unit bus yang akan ditempatkan di Pulau Lombok dan Sumbawa. Bus dilengkapi tangga otomatis yang digerakkan dengan hidrolik yang dapat bergerak naik-turun dengan kapasitas beban 120 kilogram,” ucap Setia.

Baca juga: Meminimalisasi Risiko Pecah Ban di Jalan Tol, Perhatikan Tabel Ini

Selain itu, bus ini memang dirancang agar pengguna kursi roda dapat naik ke kabin bus, di mana tersedia sepuluh titik kursi roda dilengkapi sabuk pengaman kursi roda. Selain itu ada juga 20 kursi untuk penumpang tanpa kursi roda.

“Damri melihat adanya kebutuhan aksesibilitas transportasi sahabat disabilitas yang berada di Kota Mataram dan untuk memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus,” kata Setia.

Harapannya, peresmian Bus Disabilitas NTB Gemilang akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat dan tren permintaan perjalanan darat. Selain itu, Damri dalam mengoperasikan layanannya tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan, serta pelaksanaan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.