Ngecas Ponsel di Power Outlet Bisa Bikin Aki Kendaraan Cepat Soak?

Kompas.com - 15/12/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan blogpspotIlustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, hampir semua kendaraan, mobil dan motor, dilengkapi dengan power outlet yang bisa digunakan untuk mengecas ponsel.

Namun, banyak yang beranggapan perilaku tersebut bisa menyebabkan aki menjadi soak. Sebab, arus listrik pada motor bersumber dari aki.

Baca juga: Alasan Yamaha Sematkan Electric Power Socket Tipe Mobil di Gear 125

Endro Sutarno, Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, namun ada syaratnya.

Soket Charger Honda BeAT 2020Dio Dananjaya/Kompas.com Soket Charger Honda BeAT 2020

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tapi, jika digunakan saat mesin tidak dihidupkan, aki akan cepat soak. Endro menjelaskan, saat mesin mati, arus listriknya disedot dari aki atau baterai. Sedangkan aki tidak mendapat pengisian saat mesin motor mati.

Baca juga: Ini Ruginya Sering Ngecas Gawai dari Power Outlet Mobil

“Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di aki akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.