Bisakah Ban Belakang Motor Dipasang di Bagian Depan?

Kompas.com - 10/12/2020, 19:41 WIB
Ban Motor bagian depan IstimewaBan Motor bagian depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ban yang diproduksi punya ukuran berbeda-beda. Misal, secara umum untuk bagian depan dibuat lebih kecil ketimbang ban belakang.

Pengaturan seperti itu tidak sembarangan, karena sudah sesuai dengan fungsi. Ban bagian belakang dibuat lebih besar karena bobot paling berat ada di buritan, ketimbang dari depan.

Lantas, bagaimana jika posisi tertukar, ban depan lebih besar dari ban belakang?

Baca juga: Pahami Lagi Pentingnya Aktifkan Rem Tangan Saat Parkir

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, hal tersebut tidak direkomendasikan. Sebab ada beberapa risiko yang mengintai pengemudi motor.

“Perlu digarisbawahi, pemakaian ban motor jelas berbeda dengan ban mobil. Kalau ban mobil bisa di bolak balik, kalau motor tidak bisa,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/12/2020).

Ilustrasi berkendara saat hujanmotorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu efek yang bisa dirasakan langsung oleh pengemudi adalah efek understeer, karena ban belakang biasanya lebih lebar.

“Selain itu, handling akan menjadi lebih berat, respon jadi liar, serta stabilitas juga berkurang. Hal ini lantara ban bagian depan itu diperuntukkan untuk mengarahkan laju motor, sementara bagian belakang untuk mengatur stabilitas motor,” kata Zulpata.

Baca juga: Proving Ground Uji Tabrakan Kendaraan di Bekasi Terlengkap di ASEAN

Lebih bahaya lagi jika pengemudi tetap menggunakannya saat melewati genangan air, risiko terjadi aquaplaning sangat besar karena daya cengkram ban menjadi tidak maksimal.

Maka dari itu Zulpata menyarankan pemilik kendaraan agar tetap memasang ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sebab, sisi keamanannya dan lain dan sebagainya sudah dipertimbangkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.