Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Ungkap Bedanya Tim Satelit dan Tim Pabrikan

Kompas.com - 24/11/2020, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran seri terakhir Moto2 Portugal yang berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve, Partimao, Minggu (22/11/2020) menjadi momen terakhir pebalap veteran Valentino Rossi bersama tim pabrikan Monster Enegry Yamaha.

Untuk diketahui, Valentino Rossi sudah bergabung dengan tim Yamaha sejak tahun 2004 sampai 2010.

Pada2011, Rossi memutuskan untuk pindah ke Ducati. Namun, saat itu Valentino Rossi sedikit mengalami kemunduran dalam hal performa di lintasan yang memaksanya kembali ke Yamaha pada tahun 2013 sampai sekarang.

Baca juga: Kemenhub Minta Pemda Sediakan Sepeda untuk Pelajar yang Belum Boleh Bawa Motor

“Saya akan merindukan ini, selama 15 tahun telah menjadi bagian penting dalam hidup saya. Sungguh emosi yang luar biasa ketika saya kembali ke garasi dan semua berakhir dengan orang-orang yang penting bagi saya, seperti mekanik saya Alex Briggs dan Brent,” ujar Rossi dikutip dari gpone, Selasa (24/11/2020).

Valentino Rossi (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan)
Automotonews.gr‏ Valentino Rossi (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan)

Kendati demikian pebalap berusia 41 tahun ini mengaku siap menyambut seri mendatang dengan tim satelit Petronas Yamaha SRT. Menurut Rossi berada di tim satelit memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan berada di tim pabrikan.

“Tim pabrikan memiliki kelebihan, karena memiliki banyak orang yang bekerja untuk motor. Secara angka tim pabrikan memang lebih unggul,” kata Rossi.

Baca juga: Pelajar Bawa Motor ke Sekolah Tanpa SIM, Ini Sanksinya

Namun Rossi melanjutkan, tim pabrikan juga memiliki kelemahan, sebab ada begitu banyak hal yang harus diuji untuk melanjutkan pengembangan motor.

“Sementara tim satelit, mereka hanya fokus pada penampilan saja saat berkompetisi, dan akhir-akhir ini tim satelit tampaknya bekerja lebih keras,” katanya.

Valentino Rossi akan membela tim satelit Petronas Yamaha SRT pada MotoGP 2021 bersanding dengan muridnya Franco Morbidelli, sementara tim pabrikan Yamaha pada musim depan diisi oleh Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com