Joan Mir Gagal Finis, Gelar Triple Crown Suzuki Pupus

Kompas.com - 23/11/2020, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dinyatakan berhasil menyabet gelar juara dunia MotoGP 2020, pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir justru gagal finis di seri terakhir MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve, Partimao, Minggu (22/11/2020).

Pada awal-awal balapan, Joan Mir sempat bersenggolan dengan Johann Zarco di tikungan ketiga. Beruntung Mir bisa mengendalikan tunggangannya setelah sempat hampir kehilangan kendali.

Baca juga: Momen Haru Perpisahan Valentino Rossi dengan Yamaha

Peristiwa itu membuat juara dunia MotoGP 2020 ini harus kehilangan momentum dan membuatnya tercecer di posisi ke 20 pada putaran kedua.

Tidak berselang lama Joan Mir kembali bersenggolan dengan Francesco Bagnaia. Karena insiden ini Bagnaia memutuskan untuk menyerah dan kembali ke pit akibat cedera bahu yang diderita.

Mir mengatakan, masalah pada motor yang ditungganginya sudah terjadi sejak dirinya melakukan FP4 pada Sabtu lalu. Masalah inilah yang membuat dirinya harus rela start pada posisi ke 20 di seri MotoGP Portugal.

“Kami memiliki masalah elektronik, dan ini membuat kami salah belok,” ujar Mir dikutip dari gpone, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Klasemen Akhir MotoGP 2020, Morbidelli Jadi Runner Up

“Sejak latihan saya sudah takut dengan permasalahan tersebut. Faktanya kami tidak bisa memahami itu. Tapi saya harus bisa kompetitif, jadi kita semua harus tetap bekerja sama untuk memiliki balapan yang hebat,” katanya.

Sayangnya pebalap berusia 23 tahun itu harus mengalami nasib buruk, dan membuatnya terpaksa keluar lintasan dengan menyisakan 10 lap lagi.

Dengan mundurnya Joan Mir, Suzuki juga harus merelakan kesempatannya merebut gelar triple crown.

Di sisi lain, pebalap Suzuki lainnya, Alex Rins juga tidak memberikan hasil optimal, hanya finis ke-15.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.