Foto Viral Garasi Mobil di Pinggir Jalan, Ini Aturannya

Kompas.com - 18/11/2020, 07:12 WIB
tangkapan layar foto mobil dinas terparkir di pinggir jalan menggunakan kanopi KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDtangkapan layar foto mobil dinas terparkir di pinggir jalan menggunakan kanopi
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah parkir mobil pribadi kembali ramai diperbincangkan. Hal ini lantaran viralnya foto Toyota Kijang Innova yang parkir, bahkan sampai membuat kanopi layaknya garasi pribadi di pinggir jalan umum.

Mirisnya lagi, mobil MPV tersebut menggunakan pelat nomor dinas berwarna merah yang diketahui ternyata milik komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di NTB.

Perlu diketahui, soal masalah parkir untuk mobil pribadi sejatinya sudah ada aturan mainnya. Jadi pemilik mobil tidak bisa parkir sembarangan di fasilitas umum yang bisa mengganggu perjalanan pengendara lain.

Aturan soal parkir sudah tertuang dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), tepatnya ada di Pasal 275 Ayat 1, dengan bunyi:

Baca juga: Pemilik Mobil Bikin Garasi di Pinggir Jalan, Ingin Tunjukkan Status Kemapanan

"Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Lebih kompleks lagi, aturan parkir juga tercantum pada Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2008 tentang Jalan. Regulasi tersebut menyerukan soal larangan memanfaatkan ruang yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.

"Setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34, Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 37 yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan."

Baca juga: Foto Viral Mobil Dinas Komisioner KPU Parkir di Jalan, Ingat Lagi Aturannya

Maksud dari terganggunya fungsi jalan ialah berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas.

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Hal itu antara lain karena menumpuk barang/benda/material di bahu jalan, berjualan di badan jalan, parkir, dan berhenti untuk keperluan lain selain kendaraan dalam keadaan darurat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X