Apakah Biaya Membuat Bodi Bus Single Glass Lebih Murah?

Kompas.com - 16/11/2020, 14:41 WIB
Bus Karoseri Tentrem instagram/hudan_fachrudiBus Karoseri Tentrem

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini ada dua karoseri yang bisa dikatakan melawan arus dengan merilis model bodi bus dengan kaca tunggal. Sebenarnya saat ini memang model double glass lebih diminati, namun bus kaca tunggal juga tidak kalah gantengnya.

Awalnya karoseri Tentrem yang membuat tren single glass ini kembali mencuat dengan Avante H7X buatannya. Kemudian di awal Juli 2020, karoseri Laksana juga membuat social distancing bus dengan model kaca tunggal.

Jika dibandingkan dengan model double glass, apakah biaya pembuatan bodi bus single glass akan lebih murah?

Baca juga: Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

Bus Sumber Alaminstagram/laksanabus Bus Sumber Alam

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, harga pembuatan bodi single glass memang sedikit lebih murah daripada yang double glass.

“Karena faktor produksi kacanya, membuat bodi bus double glass lebih mahal sedikit,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Model bus double glass menggunakan dua kaca di mukanya, untuk bagian atas dan bawah. Sedangkan single glass, hanya menggunakan satu kaca berukuran besar. Jika di Laksana harganya berbeda sedikit, kalau di karoseri Tentrem harganya tetap sama.

Baca juga: Perjalanan Karir Joan Mir, Sampai Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Avante H8X karoseri Tentreminstagram/karoseritentrem Avante H8X karoseri Tentrem

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, kalau harga pas penawaran ke kostumer tetap sama antara kaca single maupun double.

“Penawarannya sama saja antara bus single glass maupun double glass. Kalau mau single glass, ada yang dimodifikasi dari muka Avante H9, sekat kacanya yang dihilangkan dan pintunya juga,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Perlu diingat kalau harga bodi bus akan menyesuaikan dari spesifikasi yang diinginkan oleh kostumer. Biasanya untuk harga awal, hanya berupa bodinya saja, belum termasuk kursi bahkan AC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X