Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Kuat Remote Keyless Honda Terhadap Air?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem keyless makin banyak dipakai oleh Honda. Sistem ini sudah dipakai di beberapa model mulai dari Honda Vario 150, PCX150, ADV150 dan Scoopy terbaru.

Fungsi dari kunci keyless biar lebih praktis karena tidak perlu memasukkan anak kunci lagi ke rumah kunci. Selain itu dengan keyless diklaim lebih aman dari maling.

Karena smart key memakai remote maka ada pantangan yang sebaiknya dihindari pengguna, salah satunya ialah terkena air.

Lantas seberapa kuat remote keyless tersebut kuat terhadap air?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, jika masih hanya terkenda sedikit air tidak masalah dan tak membuat remote korslet.

"Kalau misalkan remotenya dikantungi terus basah kena air (gerimis) kalau sedikit tidak masalah. Kalau sengaja direndam air baru rusak," katanya di Cikarang, Kamis (12/11/2020).

Endro mengatakan, kalaupun terendam dan rusak atau korslet maka pengguna tidak perlu khawatir karena bisa diganti di bengkel resmi.

"Kalau sama sekali tidak bisa digunakan tinggal ganti remote," katanya.

"Kalau kunci remote cadangan masih ada bisa untuk mendaftarkan remote baru. Kalau dua-duanya hilang (tidak ada/rusak), konsumen bisa daftarkan lewat barcode," katanya.

Kalaupun tidak ada barcode yang bisa digunakan untuk identifikasi maka tetap masih bisa hanya saja kemungkinan paling buruk harus ganti smart control unit (SCU).

"Kalau ilang semua kondisi terburuk harus ganti SCU, itu sudah satu set dengan remote. ECM (engine control unit) juga harus ganti. Proses pergantian tak lama paling setengah jam," kata Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/15/082100815/seberapa-kuat-remote-keyless-honda-terhadap-air-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke