Kompas.com - 23/07/2020, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci kontak keyless ignition saat ini sedang ramai diaplikasikan di sepeda motor. Selain membuat motor menjadi lebih mewah, fitur ini juga berfungsi sebagai pengaman dari maling.

Beberapa pabrikan sepeda motor sudah mengadopsi teknologi tanpa anak kunci ini, sebagai gantinya adalah dengan menggunakan remot layaknya pada mobil yang dilengkapi dengan pemancar.

Sehingga, untuk menyalakan mesin motor tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke kontak seperti motor pada umumnya.

Saat ini di pasaran sudah banyak tersedia kontak keyless. Ragamnya bervariasi dan ditujukan untuk kendaraan roda dua yang masih memakai kunci kontak biasa. Meski begitu, pemakaiannya juga tidak boleh asal.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Selama Operasi Patuh Jaya 2020

Remote kontak keyless aftermarketKOMPAS.com/Gilang Remote kontak keyless aftermarket

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, mengatakan, sebaiknya periksa tiga hal sebelum memutuskan memakai kontak keyless atau smart key aftermarket.

Baca juga: Enggak Perlu ke Bengkel, Ganti Wiper Mobil di Rumah Aja

“Ketika kita memakai produk non orisinal atau bawaan pabrik, hal pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan fungsi. Kedua beli produk yang memang sudah punya merek, dan ketiga cari produk yang bisa memberikan garansi,” ujar pria yang akrab disapa Herman kepada Kompas.com.

Pengecekan ini, menurutnya penting sebab kunci kontak merupakan komponen vital pada sepeda motor. Kunci kontak merupakan alat untuk menyalakan dan mematikan sepeda motor.

“Untuk perangkat aftermarket mungkin sama saja. Hanya mungkin dari segi kualitas yang membedakan (dengan parbrikan). Karena itu perlu diperhatikan ketika kita akan memakai kunci keyless,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.