Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Kaca Mobil Terbuka Bisa Merusak AC?

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyejuk udara atau air conditioner (AC) adalah komponen kenyamana yang cukup penting bagi pemilik mobil. Bila AC tidak bekerja dengan baik sudah pasti kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang.

Ternyata untuk menjaga kondisi kinerja AC untuk tetap prima ada kebiasaan yang harus dihindari oleh pemilik kendaraan.

Salah satu anggapan yang sering beredar di masyarakat adalah tidak membiasakan membuka jendela atau kaca mobil saat AC menyala.

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, anggapan tersebut tidak benar.

Menurutnya, hal itu tidak merusak AC mobil. Hanya saja membuat udara di cabin lebih cepat kotor. Apalagi jika berkendara di perkotaan yang tingkat polusi, debu, serta polutannya juga tinggi. Beda hal nya jika kita berkendara di daerah pegunungan.

"Bila udara di dalam mobil cepat kotor, otomatis filter kabin dan evaporator AC akan jadi lebih cepat kotor,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Sementara itu, Muhammad Gunawan pemilik bengkel spesialis AC mobil Premium 99 justru membenarkan bahwa kebiasaan tersebut memang bisa merusak AC mobil dalam jangka waktu yang panjang.

“Karena udara luar membawa kotoran masuk ke dalam kabin. Kotoran ini nantinya yang akan bersarang di komponen filter kabin dan membuat kerja kompresor membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai temperatur ruangan yang diinginkan,” ujar Gunawan.

Jika kondisi ini sudah terjadi, selain merusak AC mobil, pada akhirnya juga akan membuat kekuatan mesin dan konsumsi bahan bakar lebih boros.

Maka dari itu, usahakan bila hendak membuka jendela mobil dalam waktu lama, matikan AC. Serta tidak lupa ganti filter kabin setiap enam bulan sekali agar kinerja AC tetap maksimal

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/194100015/mitos-atau-fakta-kaca-mobil-terbuka-bisa-merusak-ac-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke