Layanan Transportasi BTS Hadir di Medan, Bernama Trans Metro Deli

Kompas.com - 09/11/2020, 16:21 WIB
BTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro Deli KemenhubBTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro Deli
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) kembali meresmikan layanan Buy The Service ( BTS) Teman Bus yang kini melayani Medan, Sumatera Utara.

Untuk Medan, layanan teman bus BTS ini hadir dengan nama Trans Metro Deli yang beroperasian dalam lima koridor dengan jumlah 72 unit bus.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, dengan hadirnya BTS di Medan diharapkan pada akhir 2021 lompatan angkutan massal bisa meningkat dengan baik melalui program membeli layanan.

"BTS adalah suatu program subsidi bagi angkutan massal perkotaan di mana terjadi gap antara daya beli masyarakat dengan cost yang dikeluarkan operator, selisihnya kita bayar sampai suatu waktu tertentu daerah tersebut sudah mampu diberlakukan komersil, makanya kita tidak memberikan bus tapi memberikan subsidi," ucap Budi dalam keterangan resminya, Minggu (8/11/2020).

Baca juga: Bus Baru dari Karoseri Sudah Dilengkapi APAR di Kabin

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi menyebutkan bahwa Program BTS ini telah hadir di lima kota besar, yakni Palembang, Solo, Denpasar, Medan, dan Yogyakarta.

BTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro DeliKemenhub BTS hadir di Medan dengan nama Trans Metro Deli

Budi berharap dalam acara peresmian di Medan, program BTS akan didukung oleh manajemen pengelola yang melaksanakan monitoring dan evaluasi menggunakan sistem operasional kendaraan.

"Sistem operasional kendaraan meliputi sistem operasional, pemeliharaan, pengelolaan keuangan, sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time, sehingga diharapkan menuju pelayanan angkutan umum yang lebih profesional," ucap Budi.

Untul lima koridor Trans Metro Deli sendiri akan melayani beberapa rute, yakni ;

a. Koridor 1 : Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka;

b. Koridor 2 : Terminal Amplas – Lapangan Merdeka;

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X