Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Sistem Quick Shifter CBR250RR SP QS Berfungsi dan Tidak?

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda CBR250RR SP Quick Shifter (QS) merupakan motor 250cc dua silinder pertama yang menggunakan fitur quick shifter. Sistem ini memungkinkan pergantian gigi naik dan turun dengan sangat cepat tanpa menggunakan kopling.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pengendara motor yang senang akan sensasi balap. Ketika menaikan gigi, tidak perlu menarik tuas kopling dan menutup gas. Begitu juga saat menurunkan gigi, tinggal fokus pada pengereman.

Fitur quick shifter di CBR250RR SP QS ini memiliki empat mode. Untuk naik-turun, naik saja, turun saja, dan mati. Technical Service Function Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi akan menjelaskan kapan sistem ini berfungsi atau tidak.

“Sistem ini tidak berfungsi saat menaikkan gigi dengan gas tangan tidak diputar,” ucap Wahyu dalam acara Workshop Online Bedah Teknologi CBR250RR Quick Shifter, Senin (9/11/2020).

Kemudian sistem ini baru berfungsi saat kecepatan mesin lebih dari 1.500 rpm pada naik gigi atau lebih dari kecepatan stasioner pada turun gigi. Jika handel kopling ditarik, quick shifter tidak berfungsi.

“Jika ada tanda ‘–‘ di indikator posisi gigi, sistem quick shifter tidak berfungsi. Jika sistem ini tidak berfungsi normal, pengendara tetap dapat menggunakan kopling untuk memindahkan gigi,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, jika lampu indikator kesalahan fungsi PGM-FI menyala atau posisi gigi berkedip “-“ saat sedang masuk gigi, maka sistem quick shifter mungkin tidak bekerja.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/182100215/kapan-sistem-quick-shifter-cbr250rr-sp-qs-berfungsi-dan-tidak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke