Ketahui Gejala Van Belt Skutik Mau Putus

Kompas.com - 06/11/2020, 18:21 WIB
v-belt sepeda motor skutik Istimewav-belt sepeda motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com – Van belt merupakan komponen penting yang ada pada skuter matik ( skutik). Van belt atau vbelt ini memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, kurang lebih sama dengan rantai.

Namun kalau rantai masih bisa dilihat bagaimana kondisinya, baik sudah kering atau longgar. Berbeda dengan vbelt yang ada di dalam CVT, sehingga untuk mengecek kondisinya, harus dibuka terlebih dahulu penutup CVT nya.

Jika vbelt tidak dirawat dengan baik, berisiko untuk putus. Ketika vbelt putus, tentu menjadi masalah karena motor jadi tidak bisa berjalan dan harus di dorong ke bengkel. Lalu bagaimana mengetahui vbelt yang sudah aus atau mau putus?

Baca juga: Beredar Penampakan Terbaru Kawasaki ZX-10R dan ZX-10RR

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, mengecek keausan van belt memang harus dibongkar agar terlihat, namun bisa juga mengeluarkan suara.

“Biasanya kalau ada suara berisik di bagian CVT, kemungkinan karena vbelt yang sudah aus,” ucap Endro kepada Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Agar tidak mengalami vbelt putus, Endro mengatakan, lebih baik diganti saat sudah mencapai 24.000 km. Selain itu bisa juga sekalian diganti rollernya agar hasilnya lebih baik lagi.

Baca juga: Tantang Rush dan Terios, Kia Sonet Mengaspal Pekan Depan

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, Adih juga mengatakan, jika vbelt aus, adanya penurunan performa saat awal mulai jalan maupun saat sudah berjalan.

“Biasanya saat start agak lemot atau berat. Begitu juga pas sudah jalan, akan terjadi selip,” ucap Adih kepada Kompas.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X