Ada Aksi Unjuk Rasa di Kedubes Perancis, Lalu Lintas Dialihkan

Kompas.com - 06/11/2020, 14:04 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Kepolisian Sektor Metro Menteng menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Kedutaan Besar Perancis, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2020).

Pengalihan ini dilakukan karena adanya rencana aksi unjuk rasa susulan menentang pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron beberapa waktu lalu.

"Rencananya, aksi dilakukan selesai ibadah Shalat Jum'at. Penutupan jalan protokol disesuaikan dengan situasi. Harap menjadi maklum bagi pengguna jalan lainnya," kata Kapolsek Metro Menteng AKBP Guntur Muhammar Thariq, Jumat.

Baca juga: Indonesia Resesi, Ini Respons Toyota, Daihatsu, dan Suzuki

Massa dari berbagai ormas berunjuk rasa di depan gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Mereka memprotes sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Massa dari berbagai ormas berunjuk rasa di depan gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Mereka memprotes sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam.

Menurut Guntur, untuk mengamankan jalannya aksi dengar pendapat ini pihaknya akan menerjunkan 700 personel. Adapun massa demonstrasi diperkirakan berjumlah 600 orang dan berkumpul pada pukul 13.00 WIB.

"Namun kita belum tahu jumlah pastinya," kata dia.

Berikut pengalihan lalu lintas di kawasan Kedutaan Besar Perancis hari ini;

1. Jalan Sunda yang mengarah ke Jalan MH Thamrin ditutup dialihkan ke Jalan Agus Salim.

2. Jalan Timor yang mengarah ke Jalan MH Thamrin ditutup.

3. Jalan MH Thamrin mengarah ke Bundaran HI ditutup situasional jika massa memenuhi badan jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.