Hasil Investigasi MotoGP Yamaha Bersalah, Bagaimana Nasib Pebalapnya?

Kompas.com - 06/11/2020, 13:41 WIB
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Hasil investigasi Steward MotoGP memutuskan Yamaha bersalah karena telah melanggar aturan dengan menggunakan klep yang ilegal saat GP Jerez, Juli lalu.

Disebut ilegal karena klep tersebut belum didaftarkan untuk homologasi. Menurut regulasi, tim harus menghomologasikan spesifikasi mesinnya sebelum musim balap dimulai.

Yamaha terbukti menggunakan part yang belum mendapat izin dari MSMA, asosiasi pabrikan MotoGP untuk mengganti komponen tersebut.

Baca juga: Jadwal MotoGP Eropa Akhir Pekan ini, Rossi Masih Menanti Kepastian

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Untuk itu poin konstruktor Yamaha dikurangi 50 poin. Sedangkan untuk tiap tim, Petronas Yamaha SRT dikurangi 37 poin dan Monster Energy Yamaha 20 poin.

Beruntung sanksi ini tidak berimbas kepada perolehan poin para pebalap Yamaha seperti yang sempat diduga sebelumnya.

Sehingga klasemen MotoGP 2020 masih dipimpin pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, disusul posisi kedua dan ketiga yaitu Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Baca juga: Drama MotoGP, Yamaha Tersangkut Masalah, Pebalap Terancam Minus Poin

Franco MorbidelliFoto: Twitter/SepangRacing Franco Morbidelli

Jika sanksinya ikut memotong poin pebalap maka dipastikan Yamaha bakal sangat terpukul. Sebab Quartararo dan Vinales hampir bisa dipastikan tersingkir dari perebutan juara dunia.

Saat ini Mir memimpin klasemen pebalap dengan 137 poin. Quartararo di tempat kedua dengan 123 poin hanya terpaut 14 poin, sedangkan Vinales 118 poin atau selisih 19 poin.

Usai dijatuhi hukuman, Yamaha kini berada di posisi ketiga konstruktor dengan 158 poin. Posisi pertama Ducati dengan 171 poin, disusul tempat kedua Suzuki dengan 163 poin.

Klasemen konstruktor setelah sanksi

1. Ducati 171 poin
2. Suzuki 163 poin
3. Yamaha 158 poin
4. KTM 143 poin
5. Honda 117 poin
6. Aprilia 36 poin

Klasemen tim setelah sanksi

1. Suzuki Ecstar 242 poin
2. Petronas Yamaha SRT 198 poin
3. Ducati Team 180 poin
4. Red Bull KTM Factory Racing 157 poin
5. Monster Energy Yamaha MotoGP 156 poin
6. Pramac Racing 128 poin
7. LCR Honda 118 poin
8. Red Bull KTM Tech3 106 poin
9. Repsol Honda Team 79 poin
10. Esponsorama Racing 74 poin
11. Aprilia Racing Team Gresini 39 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GPone
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.