Visual Sederhana Wuling Cortez CT Type S

Kompas.com - 02/11/2020, 07:22 WIB
Wuling Cortez CT Type S KOMPAS.COM/STANLY RAVELWuling Cortez CT Type S
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Wuling resmi meluncurkan Cortez CT Type S. Mobil bergenre multi purpose vehicle (MPV) tersebut, datang sebagai varian termurah yang sekaligus melengkapi jajaran keluarga Cortez di Tanah Air.

Mendengar kata murah, bukan berarti Cortez CT Type S memiliki perbedaan yang signifikan dari tipe teratas, tapi justru sebaliknya.

Dari segi performa, Cortez CT S tetap mengusung mesin yang sama, yakn 1.500 cc lengkap dengan Turbocharger, bahkan untuk matiknya pun sudah menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT).

Artinya, bila dikaitkan masalah performa maka tidak ada perbedaan antara varian termurah dan yang paling atas. Namun, sebelum jauh membahas soal urusan teknis seputar sensasi berkendara dan tenaga, kita awali dulu dengan membedah singkat tampilan luar alias eksterior.

Baca juga: Medium SUV Terlaris September 2020, Wuling Almaz Salip Honda CR-V

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Menyandang status sebagai varian terbawah yang datang memberikan pilihan baru bagi calon konsumen, tak ada yang beda dari segi desain yang dimiliki Cortez CT S dengan Tipe C atau L.

Ibarat istilah ada harga ada rupa, menyandang status varian termurah tentu saja akan ada kemewahan yang hilang dibandingkan tipe teratas.

Bila melihat sekilas visualnya sama saja, bahkan untuk orang awan akan sulit mengenali di mana bedanya. Tapi bila diperhatikan lebih detail, tentu ada beberapa perbedaan dari penyematan fitur yang dilakukan di bodi bongsornya tersebut.

Pertama dari sistem pencahayaan, tak seperti Tipe C dan L yang sudah mengusung penerangan LED baik di sekor depan maupun belakang, pada Cortez CT S Wuling sengaja membuatnya lebih minimalis dengan menggunakan hologen dengan sinar kuning.

Baca juga: Segera Berlaku, Tol Layang Jakarta-Cikampek Bertarif Rp 20.000

Tak hanya itu saja, kalau diperhatikan dengan varian atas, Type S ini juga tak memiliki lampu kabut, namun Wuling masih memberikan toleransi dengan menempatkan DRL agar kesan mewah masih terasa.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Untuk dimensi keseluruhan, baik dari tipe terendah sampai tertinggi juga masih sama, yakni panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755. Semua model Cortez juga sudah dilengkapi dengan roof rail sebagai penyangga untuk membawa roof box.

Sementara untuk model desain bumper depan-belakang, gril, sampai sektor samping, lagi-lagi tak ada perbedaan mencolok. Kecuali bagian pelek, Cortez CT S ternyata hanya dimodali dengan desain warna polos alias singel tone walau dimensinya masih tetap 16 inci.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Dari pembahasan singkat tersebut, bisa disimpulkan walau sebenarnya ada banyak perubahan, tapi cenderung tipis atau tak signifikan. Sementara dari harga, Wuling membanderol Cortez CT S sebesar Rp 209 juta untuk yang manual, dan Rp 233 juta untuk CVT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X