Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ditinggal Saat Libur Panjang, Perlukah Cabut Aki?

Kompas.com - 27/10/2020, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan ini pemerintah mengumumkan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, mulai 28 Oktober - 1 November 2020. Sebagian orang mungkin ada yang memutuskan untuk bepergian, tapi tanpa menggunakan mobil.

Banyak yang beranggapan, jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu lebih baik aki dicabut. Sebab, untuk menjaga kondisi aki tetap sehat, perlu memanaskan mesin secara rutin.

Baca juga: Libur Panjang, Kemenhub Wanti-wanti Tercipta Klaster Baru Covid-19

Namun, ada juga anggapan yang beredar bahwa mencabut aki bisa merusak bagian mesin terutama pada mesin injeksi.

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

Anjar Rosjadi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, jika mobil ditinggal dalam waktu beberapa lama sebaiknya aki dicabut.

“Sebaiknya aki dicabut, ini untuk menjaga agar kondisi aki tepat terjaga dan tidak soak atau rusak saat digunakan,” kata Anjar, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, jika aki tidak dilepas saat mobil ditinggal pergi dalam waktu beberapa lama, maka arus aki bisa berkurang. Sebab, meskipun mesin mobil mati, tapi beberapa komponen tetap membutuhkan arus kelistrikan.

Baca juga: Libur Panjang, Polisi Perketat Pengendara yang Menuju Jalur Puncak

“Kalau tidak dilepas, akinya akan derdischarge untuk beberapa komponen. Seperti alarm, jam, hambatan kabel dan dark current. Jadi kalau dicabut maka tidak akan ada beban sama sekali,” ujar Anjar.

Namun, menurut Anjar, jika mobil ditinggal dalam jangka waktu kurang dari satu minggu masih aman dan tidak perlu dilepas.

“Kalau sudah lebih dari dua minggu atau sampai tiga minggu lebih itu sebaiknya akinya dilepas,” kata Anjar.

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Hal senada dikatakan oleh Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM). Didi mengatakan, jika mobil akan ditinggal pergi lebih baik kabel aki dilepas.

“Kalau mobil ditinggal dan tidak digunakan sementara aki masih tersambung maka lambat laun akinya juga akan soak. Sebab, meski mobil tidak digunakan tetap saja arus aki terpakai,” ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com