Hindari Asal Mengelap Kaca Helm Saat Hujan

Kompas.com - 23/10/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara saat hujan turun menjadi sulit karena pandangan menjadi terbatas. Sebab, air hujan membasahi kaca helm.

Dalam kondisi seperti ini, tak jarang pengendara refleks untuk mengelapnya dengan tangan ketika pandangan semakin tertutupi.

Baca juga: Habis Dipakai Jas Hujan, Idealnya Jangan Langsung Dilipat Taruh Bagasi

Padahal, membersihkan kaca helm dari air hujan juga tidak bisa asal. Sebab, air hujan yang menempel di kaca helm juga disertai kotoran.

Cuci visor helmmedcom.id Cuci visor helm

Selain itu, sering kali juga cipratan lumpur dari kendaraan yang ada di depan tak dapat dihindari. Jika salah dalam membersihkan, dampaknya bisa membuat kaca helm malah jadi lecet atau terlihat kusam.

Tugimin, Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI), mengatakan, untuk membersihkan kaca helm, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Jangan langsung mengusap kondisi kaca helm yang kotor karena air hujan. Risikonya adalah lecet kena goresan.

"Paling benar, adalah dengan membasuhnya dahulu dengan air bersih pada bekas hujan sampai larut. Kemudian, baru dilap menggunakan microfiber, sehingga bekas air hujan terangkat optimal," ujar Tugimin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ini 4 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan cairan anti air pada kaca helm. Cairan tersebut mampu membuat efek water repellent. Beberapa produk bahkan ada yang bersifat anti kabut juga.

Tugimin menambahkan, sudah banyak yang melakukan perawatan seperti nano coating. Menurutnya, sebaiknya jangan sembarangan memakai cairan yang mengandung zat kimia aktif, karena dapat memengaruhi kualitas kaca helm.

Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.

" Kaca helm terbuat dari bahan plastik PC yang dilapisi anti gores dan bukan seperti kaca yang notabene tahan terhadap cairan kimia. Untuk itu, tidak bisa menggunakan sembarang cairan untuk kaca helm," kata Tugimin.

Tugimin mengatakan, ada beberapa produk yang dijual di pasaran untuk perawatan kaca helm. Sebaiknya, selalu teliti saat memilih produk.

"Carilah yang kandungan bahannya waterbase atau alkohol, karena lebih aman untuk kaca helm," ujar Tugimin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X