Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Kritik Lorenzo yang Pensiun dan Hidup Mewah

Kompas.com - 22/10/2020, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada alasan mengapa Valentino Rossi tidak digantikan di MotoGP Teruel akhir pekan ini oleh test rider Yamaha Jorge Lorenzo. Salah satunya karena performanya yang dianggap kurang kompetitif.

Saat persiapan untuk balapan di Sirkuit Portimao, Portugal, para pabrikan diberi kesempatan untuk melakukan sesi tes bersama test rider dan juga pebalapnya.

Baca juga: Yamaha Sebut Lorenzo Belum Pantas Gantikan Rossi

Sebelumnya, Lorenzo sudah mengikuti sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Februari lalu. Saat itu, pebalap asal Spanyol tersebut menggunakan Yamaha M1 versi 2019.

Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha

"Jorge tidak begitu buruk dengan motor 2019. Dia melakukan tugas dengan baik dan kuat dengan M1. Dari segi waktu, dia cukup dekat dengan pebalap resmi. Dia punya potensi besar dan kesempatan luar biasa untuk Yamaha," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com.

Meski demikian, Rossi juga mengkritisi performa yang ditunjukkan Lorenzo saat sesi tes di Portimao. Saat itu, catatan waktunya tertinggal lima detik dari pebalap Aprilia Aleix Espargaro.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Belum Berhasil Cicipi M1 2020 di Sirkuit Portimao

"Jika Jorge ingin lanjut sebagai test rider, dia harus mengendarai motor selama musim balap berlangsung dan juga latihan dengan motor lain," kata Rossi.

Jika melihat aktivitas di media sosial, Lorenzo terlihat sangat menikmati kehidupan mewahnya setelah pensiun. Kontras sekali perbedaannya dengan test rider pabrikan lain yang tetap latihan di atas motor, baik di sirkuit atau di tanah.

Sejauh ini, kontrak Lorenzo sebagai test rider belum diperpanjang dan akan selesai pada akhir 2020. Masih dipertanyakan apakah Yamaha akan memperpanjang kontraknya. Selain karena dampak pandemi Covid-19, tentunya juga karena melihat performanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com