Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Tepis Kabar Dirinya Disia-siakan Yamaha

Kompas.com - 10/10/2020, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dikontrak menjadi test rider Yamaha pada awal 2020, Jorge Lorenzo terhitung baru dua hari melakukan pengetesan menggunakan YZR-M1. Bahkan, itu pun Yamaha M1 versi 2019.

Setelah dunia dihadapkan dengan pandemi, jarang sekali terdengar kabar dari pebalap asal Spanyol tersebut bersama Yamaha. Bahkan, tak sedikit juga yang bertanya-tanya peran Lorenzo sebagai test rider Yamaha.

Baca juga: Jorge Lorenzo Tegaskan Karier Balapnya Sudah Berakhir

Lorenzo yakin bahwa dirinya tidak melakukan pengetesan karena adanya pandemi Covid-19. Tidak logis berpikir Yamaha sengaja tidak memanfaatkan kemampuan juara dunia MotoGP tiga kali tersebut.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

"Saya sangat yakin, mereka sudah mencoba melakukan yang terbaik untuk melakukan tes semaksimal mungkin. Tapi, keadaan Covid ini membuat hal tersebut tidak dapat terwujud," ujar Lorenzo, dikutip dari Motorsport.com.

Lorenzo sendiri yakin tanpa adanya pandemi, dirinya sudah bisa melakukan sesi tes hingga 15 sampai 16 hari, sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

"Saya tidak percaya mereka menyia-nyiakan saya, khususnya secara sengaja, saya sebagai test rider karena jika bicara secara ekonomi, pabrikanlah yang mengeluarkan uang untuk pengetesan," kata Lorenzo.

Baca juga: Honda Terpuruk Tanpa Marquez, Ini Kata Lorenzo

Yamaha juga sudah menjelaskan bahwa pengetesan tidak bisa dilakukan. Sebab, ada larangan bepergian bagi warga Jepang untuk ke Eropa. Sementara, sebagian besar anggota tim pengetesan adalah teknisi dari Jepang.

Lorenzo baru kembali mengendarai M1 saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal, pekan ini selama beberapa hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com