Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Triumph Scrambler Minimalis, Bisa Jadi Referensi

Kompas.com - 21/10/2020, 18:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Luis Correia tidak percaya anggapan bahwa Triumph tidak enak untuk dijadikan motor off road. Karena itu dia akhirnya justru sering bikin Triumph Scrambler.

Pendiri bengkel custom Maria Motorcycles tersebut suka scrambler karena menyenangkan, mudah perawatan dan bisa dipakai bersenang-senang di hampir semua kondisi jalan.

"Setelah membangun lebih dari 20 motor, saya benar-benar berpikir itu adalah salah satu motor besar vintage yang paling keren untuk bermain tanah!,” katanya mengutip Bikeexif, Selasa (21/10/2020).

Baca juga: Industri Modifikasi Jadi Tuas Penting Kemajuan Otomotif Nasional

Triumph ScramblerFoto: Bikeexif Triumph Scrambler

Salah satunya seperti motor terbarunya, Savage Blue yang dibuat dari basis Triumph Bonneville. Motor ini dibuat berpenampilan minimalis tapi tidak meninggalkan detail sebagai motor garuk tanah.

Untuk tahap awal, Luis mengganti tangki dan jok baru. Tangkinya diambil dari Yamaha RD400. Tangki tersebut sedikit dimodifikasi agar bisa cocok dengan rangka Triumph.

Di bagian belakang terdapat jok kulit custom. Bentuknya sengaja dibuat seperti "menabrak" tangki dengan tujuan memudahkan pengendara berpindah posisi duduk.

Bagian subframe juga sedikit dimodifikasi. Bagian belakang dihiasi sepatbor belakang dari aluminium. Aapun di sisi samping diberi sepasang papan nomor aluminium yang dibuat khusus.

Baca juga: Ada Pandemi, Daihatsu Gelar Kontes Modifikasi Virtual

Triumph ScramblerFoto: Bikeexif Triumph Scrambler

Agar sesuai konsep, knalpotnya terinspirasi dari motor flat tracker. Agar napas mesin lebih ''plong,'' filter udara ganti pakai punya K&N. Kaki-kaki dihiasi satu set ban Michelin Anakee Wild yang membuatnya jadi sangar.

Terakhir motor dicat warna cerah biru putih. Detail pemanis seperti setang, lamu depan, lampu rem dan sebagainya dipilih yang model vintage untuk menegaskan konsep awal.

“Kami merancang semacam motor balap off road vintage. Warnanya cerah dan kali ini kami memutuskan untuk tetap menggunakan krom, dan memoles semua bagian aluminium seperti motor 60-an,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com