Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Lebih Mahal, Siapa Target Konsumen Xpander Black Edition?

Kompas.com - 21/10/2020, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), resmi meluncurkan Xpander dalam edisi spesial bertema serba hitam, yakni Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Tak hanya menyandang status edisi spesial saja, tapi juga diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Meski mengambil basis dari varian yang sudah ada, tapi ubahan visual dan fitur jauh berbeda, tak heran bila harganya terkerek jadi lebih mahal.

Untuk Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, banderolnya tembus hingga Rp 304,7 juta, sementara Xpander Black Edition yang menggunkan basis varian Exceed, hitungannya  naik hingga Rp 14,3 juta.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Dua Xpander Edisi Serba Hitam, Unit Terbatas

Meski mendapat kosmetik yang ampuh mendongkrak visual, namun dengan harga yang melambung jauh dari versi standar, siapa target konsumen yang menjadi sasaran Mitsubishi.

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Menjawab hal ini, President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, pada dasarnya kehadiran edisi spesial dari Xpander dan Xpander Cross guna memberikan pilihan baru sehingga konsumen punya lebih banyak opsi.

"Kedua varian ini menyasar untuk mereka yang menginginkan model yang lebih keren, menyenangkan, dan stylish. Peluncuran jelang akhir tahun jadi momentum yang tepat untuk menggairahkan situasi karena kondisi pandemi," kata Nakamura dalam seremoni peluncuran yang dilakukan secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Tak hanya itu, Nakamura juga mengatakan bila hadirnya Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Black Edition sekaligus menjadi upaya penyegaran produk yang dilakukan MMKSI. Karena itu, diharapkan adanya model ini bisa memberikan dampak dari sisi penjualan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Sementara itu, Irwan Kuncoro Director Sales & Marketing Division PT MMKSI mengatakan, bila kedua Xpander edisi spesial memang disajikan atas adanya masukan dari konsumen yang menginginkan Xpander dalam versi berbeda namun tetap mengusung sisi kenyamanan.

"Menyasar konsumen pasangan dan keluarga muda urban yang aktif dan menikmati hidup, dengan karakter berjiwa petualang yang ekspresif,stylish, dan sporty," ucap Irwan.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 jutaAPHIT McKlein Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 juta

Ketika disingung mengenai banderol yang cukup tinggi untuk Xpander Cross yang tembus hingga Rp 300 juta, Irwan hanya menjelaskan bila harga yang ditawarkan sesuai dengan beberapa keunggulan dari produk yang dipasarkan.

"Selain aksesoris dan suku cadang, Xpander menawarkan fitur yang lengkap, performa, dan kenyamanan termasuk Xpander Cross. Produk ini memiliki keunggulan sebagai crossover, tapi masuk ke low SUV, ini semakin menambah value for money buat Xpander Cross," ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com