Honda Siapkan Motor Adventure Pakai Supercharger

Kompas.com - 13/10/2020, 18:01 WIB
Africa Twin Supercharger Foto: IstimewaAfrica Twin Supercharger
|

LONDON, KOMPAS.com - Honda ditengarai sedang mengembangkan sepeda motor adventure yang dibekali supercharger. Hal itu trelihat dari gambar paten yang bocor yang beredar di dunia maya.

Tidak jelas gambar tersebut bocor dari kantor paten mana. Tapi terlihat ada supercharger di bagian atas girboks. Rumor menyebut gambar ini nantinya bisa dipakai di generasi baru Africa Twin.

Baca juga: Orang Indonesia Kalau Beli BBM, yang Penting Diisi dan Bisa Jalan

Dari gambar terlihat supercharger diletakkan di atas girboks. Penggunaan supercharger ataupun turbocharger bertujuan menambah daya pada mesin secara efisien.

Africa Twin Supercharger Foto: Istimewa Africa Twin Supercharger

Supercharger digerakkan secara mekanis melalui sabuk atau rantai oleh crankshaft. Tujuannya untuk menambah udara ke silinder ruang bakar agar menghasilkan daya ledak yang lebih besar.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Makna di Balik Nomor Motor Pebalap MotoGP

Visordown menyebut, paten ini bukan berarti bahwa Honda benar-benar tertarik dengan mesin yang dilengkapi induksi paksa. Tapi lebih kepada pengembangan para insinyur Honda terhadap mesin baru.

Seperti diketahui paten tidak berarti bahwa motor tersebut akan segera masuk produksi. Paten lebih kepada melindungi kekayaan intelektual, baik ide, teknologi atau hal lainnya.

Saat ini motor produksi masal yang memakai supercharger ialah Kawasaki H2. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X