Fenomena Motor Restorasi dan NOS

Kompas.com - 08/10/2020, 16:41 WIB
NSR250R Restorasi KOMPAS.com/Aprida Mega NandaNSR250R Restorasi
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pehobi sepeda motor lawas, pasti sudah akrab dengan istilah motor restorasi dan new old stock ( NOS). Keduanya akhir-akhir banyak diperbincangkan karena sedang naik daun.

Seiring perkembangannya, kegemaran untuk bermain di kedua jenis motor tersebut tak hanya sekadar menjadi hobi sajaa, tapi juga menjadi bisnis karena punya nilai investasi yang cukup tinggi.

Apalagi bila mendapatkan motor-motor yang notabennya berstatus edisi terbatas dan tahun lawas yang sudah pasti bakal pasang harga suka-suka. Dari segi strata, motor NOS memang memiliki banderol yang sangat abu-abu karena kelangkaannya.

Baca juga: Serba-serbi Motor Restorasi dan NOS: Dari Definisi sampai Investasi

Vespa VBB 1962 NOSFoto: Awen/Naikmotor.com Vespa VBB 1962 NOS

Maklum sesuai dengan sebutannya, motor NOS memiliki makna sebagai barang baru tapi stok lama. Artinya, motor tersebut sejak di beli benar-benar sama sekali tidak pernah digunakan.

"Barang lama tapi baru, sejak baru motor memang kondisinya tidak dipakai. Benar-benar seperti keluar dari pabrik, dipajang saja," kata Andy Wardhana, kolektor Vespa yang pernah memiliki Vesba VBB 1962 dalam kondisi NOS, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara restorasi sendiri berdasarkan Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) adalah pengembalian atau pemulihan ke keadaan semula. Artinya, motor lawas yang kondisinya dikembali seperti awal dari diler.

Baca juga: Beda Istilah NOS, Low Kilometer dan Restorasi

Honda Pitung C70 dalam goresan sketsa perupa Oni Faristiwa.DOK PRIBADI/ONI FARISTIWA Honda Pitung C70 dalam goresan sketsa perupa Oni Faristiwa.

Nah, untuk lebih dalam mengenai NOS dan Restorasi beserta beberapa kisah pemiliknya, silahkan klik JEO mengenai Serba-serbi Motor Restorasi dan Nos : Dari Definisi sampai Investasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X