Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Dongkrak Penampilan Motor

Kompas.com - 07/10/2020, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mengubah tampilan sepeda motor yaitu dengan melapisi stiker atau decal. Cara ini banyak dilakukan pemilik karena relatif cepat dan terjangkau.

Dede Efendi Designer dan pengelola Dream Design (Dream Garage), mengatakan, keunggulan memakai stiker atau decal karena mudah dilepas dan cepat jika ingin berganti warna lagi.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Helm yang Sudah Usang

"Keunggulannya pakai stiker itu karena biasanya bisa spontan saat mau ganti-ganti warna, dan biasanya cocok buat orang-orang yang bosenan," kata Dede kepada Kompas.com, Selasa (7/10/2020).

Selain mudah diganti, Dede mengatakan daya tahan stiker pun cukup lama bisa bertahan 3-5 tahun tergantung perawatan.

Untuk bahan, kata Dede, tersedia banyak pilihan dari berbagai produsen. Tapi di tempatnya, biasanya memakai produk lansiran Oracal dan Teckwrap.

"Kalau bahan (stikernya) banyak. Buat harian bisa pakai Oracal dan buat yang istilahnya premium Teckwrap. Ada lagi yang lain Invinity buat bahan yang tidak biasa seperti karbon (krom)," katanya.

Warna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendyStanly/KompasOtomotif Warna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendy

Baca juga: Ciri Bus Besar Dengan Mesin Depan dan Belakang Secara Fisik

Tiap merek harganya beda sehingga ongkos pengerjaan berbeda. Dede menyebut Oracal yang paling terjangkau. Untuk satu pengerjaan bodi motor utuh semisal Vespa matik dipatok Rp 1,8 juta.

"Beda harga kalau Teckwrap bisa dua kali lipat. Sebab bahan Oracal itu Rp 80.000, sedangkan Teckwrape bisa sampai Rp 400.000. Itu juga tergantung warna. Saya kemarin ambil warna foil black Rp 720.000," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com