Cara Mudah Dongkrak Penampilan Motor

Kompas.com - 07/10/2020, 18:01 WIB
Dream Design Jakarta Foto: Dream Design Jakarta Dream Design Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mengubah tampilan sepeda motor yaitu dengan melapisi stiker atau decal. Cara ini banyak dilakukan pemilik karena relatif cepat dan terjangkau.

Dede Efendi Designer dan pengelola Dream Design (Dream Garage), mengatakan, keunggulan memakai stiker atau decal karena mudah dilepas dan cepat jika ingin berganti warna lagi.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Helm yang Sudah Usang

"Keunggulannya pakai stiker itu karena biasanya bisa spontan saat mau ganti-ganti warna, dan biasanya cocok buat orang-orang yang bosenan," kata Dede kepada Kompas.com, Selasa (7/10/2020).

Selain mudah diganti, Dede mengatakan daya tahan stiker pun cukup lama bisa bertahan 3-5 tahun tergantung perawatan.

Untuk bahan, kata Dede, tersedia banyak pilihan dari berbagai produsen. Tapi di tempatnya, biasanya memakai produk lansiran Oracal dan Teckwrap.

"Kalau bahan (stikernya) banyak. Buat harian bisa pakai Oracal dan buat yang istilahnya premium Teckwrap. Ada lagi yang lain Invinity buat bahan yang tidak biasa seperti karbon (krom)," katanya.

Warna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendyStanly/KompasOtomotif Warna cerah dan decal Dayak dipadukan untuk mendukung tampilan trendy

Baca juga: Ciri Bus Besar Dengan Mesin Depan dan Belakang Secara Fisik

Tiap merek harganya beda sehingga ongkos pengerjaan berbeda. Dede menyebut Oracal yang paling terjangkau. Untuk satu pengerjaan bodi motor utuh semisal Vespa matik dipatok Rp 1,8 juta.

"Beda harga kalau Teckwrap bisa dua kali lipat. Sebab bahan Oracal itu Rp 80.000, sedangkan Teckwrape bisa sampai Rp 400.000. Itu juga tergantung warna. Saya kemarin ambil warna foil black Rp 720.000," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X