Kompas.com - 04/10/2020, 16:21 WIB
Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage KOMPAS.com/Aprida Mega NandaBeberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemilik helm, sudah sewajibnya merawat dan memperhatikan kondisi helmnya agar tetap nyaman saat digunakan. Pasalnya, helm yang tidak dirawat dan mengeluarkan bau tidak sedap juga bisa menjadi sarang penyakit.

Biasanya helm bau apak dikarenakan penggunaan dan penyimpanan yang asal-asalan. Penggiat Komunitas Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan pemilik helm untuk menghindari hal tersebut.

Baca juga: Harga SUV di Balai Lelang Awal Oktober, Pajero Sport Hanya Rp 100 Jutaan

1. Jangan gunakan helm saat rambut masih basah

Menggunakan helm dalam kondisi rambut yang masih basah bisa berbahaya, sebab bakteri akan menumpuk sehingga menghasilkan bau apak.

Terlebih lagi untuk biker yang menggunkan minyak rambut (pomade). Kandungan minyak yang terdapat pada pomade bisa berdampak negatif pada inner pad-nya. Hal ini bisa mengakibatkan kotoran makin menempel, dan bakeri semakin banyak. Alhasil helm menjadi semakin bau.

2. Gunakan helmet liner atau balaclava

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Balaclavaotosia.com Balaclava

Untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm saat berkendara, biker disarankan untuk gunakan helmet liner, helmet cup atau balaclava.

Sebab selain dapat menimbulkan bau tidak sedap dan minimbulkan jamur, ternyata keringat juga dapat menurunkan kualitas dari busa helm.

Baca juga: Punya Dana Rp 500 Juta, Pilih Toyota Voxy Baru atau Alphard Bekas?

3. Keringkan helm setelah terkena hujan

Perlu diketahui, helm yang terkena hujan bisa cepat timbul jamur. Hal ini dikarenakan kondisi keasaman air hujan mudah membuat jamur tumbuh di visor maupun permukaan helm jika tidak segera dilap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.