Mitos atau Fakta, Tangki Bensin pada Mobil Wajib Dikuras Rutin?

Kompas.com - 02/10/2020, 12:02 WIB
Perawatan berkala pada tangki bahan bakar kendaraan perlu dilakukan untuk menjamin kualitas bahan bakar yang disediakan untuk mesin Setyo Adi/OtomaniaPerawatan berkala pada tangki bahan bakar kendaraan perlu dilakukan untuk menjamin kualitas bahan bakar yang disediakan untuk mesin

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil bisa saja kemasukan kotoran. Untuk itu, banyak pemilik mobil yang bertanya, perlukah menguras tangki tersebut? Apakah perlu dikuras secara rutin atau sesekali waktu saja?

Ternyata, tangki BBM pada mobil perlu dilihat terlebih dahulu kondisinya sebelum memutuskan untuk mengurasnya.

Baca juga: Kenali Gejala Tangki BBM Mobil yang Perlu Dikuras

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, menguras tangki BBM tidaklah wajib. Pemilik mobil boleh melakukannya jika memang mengalami masalah penyumbatan asupan BBM, jika tidak jangan menguras.

Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.Innova Community (IC) Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.

"Jadi kalau tersendat-sendat atau filternya bermasalah baru boleh sesekali dicek apakah ada pengendapan dan lain sebagainya," ucap Suparna, ketika dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Suparna menjelaskan, efek pengendapan BBM atau korosi sendiri cukup lama. Hal tersebut bisa terjadi karena kelalaian dari pemilik mobil.

"Biasanya, jika pemilik mobil sering membiarkan tangki BBM selalu dalam kondisi kosong, maka efek korosi akan semakin cepat," kata Suparna.

Baca juga: Mengapa Letak Tutup Tangki Bensin dan Knalpot Beda Sisi?

Menurut Suparna, jika terjadi korosi, memang harus ditangani segera agar tidak terjadi penyumbatan. Tetapi, paling penting tidak ada patokan setiap berapa puluh ribu km harus dikuras.

Untuk biayanya, jika melakukan di bengkel resmi cukup mahal. Sebab, proses bongkar pasangnya juga membutuhkan waktu yang lama dan rumit, sehingga otomatis dari segi biaya akan menjadi tinggi.

"Kalau menguras sampai proses lainnya kurang lebih bisa satu hari. Jadi memang rumit pengerjaannya, apalagi pada mobil sekarang yang sangat banyak sekali komponennya," ujar Suparna.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X