Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Berbelok Motor yang Benar

Kompas.com - 24/09/2020, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih sering ditemui di jalan raya, pemotor yang asal berbelok, tidak memerhatikan kondisi di sekitarnya terlebih dahulu. Pemotor seperti ini yang bisa membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

Sebagai pengendara motor, tentunya harus lebih peka dengan situasi di jalanan sebelum melakukan manuver. Sebagai pengingat, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani akan memberikan cara berbelok yang benar.

“Pertama, yang dilakukan jika ingin belok yaitu menyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Perhatikan kendaraan di sekitar melalui spion, kemudian menoleh singkat untuk cek blind spot, usahakan untuk tidak terlalu mepet dengan kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Nasib Mobil Bekas di Tengah Rencana Stimulus Mobil Baru

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

Kebiasaan yang salah saat belok yaitu pengendara yang tiba-tiba memotong jalur orang lain. Selain itu, ada juga yang melakukan manuver atau belok tanpa menyalakan lampu sein.

“Lampu sein hanya sebagai isyarat saja, namun yang paling penting adalah dengan melihat langsung sekitar kita saat ingin belok, untuk memastikan manuver aman untuk dilakukan,” ucap Agus.

Baca juga: Mobil Lelang Rp 60 Jutaan, Pilihannya dari Ayla sampai Teana

Jika ingin berbelok tapi posisinya terlalu mepet dengan pengendara lain, lebih baik beri jalan, tunggu sampai situasinya aman. Jangan memaksakan ingin didahulukan, lebih baik cari aman agar selamat sampai tujuan.

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com