Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Berbelok Motor yang Benar

Kompas.com - 24/09/2020, 12:02 WIB
Kompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019 Kompas.com/Setyo AdiKompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih sering ditemui di jalan raya, pemotor yang asal berbelok, tidak memerhatikan kondisi di sekitarnya terlebih dahulu. Pemotor seperti ini yang bisa membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

Sebagai pengendara motor, tentunya harus lebih peka dengan situasi di jalanan sebelum melakukan manuver. Sebagai pengingat, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani akan memberikan cara berbelok yang benar.

“Pertama, yang dilakukan jika ingin belok yaitu menyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Perhatikan kendaraan di sekitar melalui spion, kemudian menoleh singkat untuk cek blind spot, usahakan untuk tidak terlalu mepet dengan kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Nasib Mobil Bekas di Tengah Rencana Stimulus Mobil Baru

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

Kebiasaan yang salah saat belok yaitu pengendara yang tiba-tiba memotong jalur orang lain. Selain itu, ada juga yang melakukan manuver atau belok tanpa menyalakan lampu sein.

“Lampu sein hanya sebagai isyarat saja, namun yang paling penting adalah dengan melihat langsung sekitar kita saat ingin belok, untuk memastikan manuver aman untuk dilakukan,” ucap Agus.

Baca juga: Mobil Lelang Rp 60 Jutaan, Pilihannya dari Ayla sampai Teana

Jika ingin berbelok tapi posisinya terlalu mepet dengan pengendara lain, lebih baik beri jalan, tunggu sampai situasinya aman. Jangan memaksakan ingin didahulukan, lebih baik cari aman agar selamat sampai tujuan.

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X