Bolehkah Isi Power Bank di Mobil Sampai Penuh?

Kompas.com - 18/09/2020, 18:15 WIB
Power bank dan telepon genggam. ThinkstockPower bank dan telepon genggam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil saat ini sudah melengkapi kendaraannya untuk menunjang gaya hidup pengemudi, salah satunya dengan soket pengisian daya.

Soket ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengisian daya, mulai dari baterai ponsel sampai gadget lainnya.

Lantas bagaimana dengan pengisian daya power bank?

Seperti diketahui beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa mengisi daya power bank menggunakan soket pada mobil berbahaya. Saat sudah over charger aliran listrik akan kembali ke soket yang berpotensi menyebabkan korsleting.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan Mesin Motor Jangan Pakai Standar Samping

Menganggapi hal tersebut, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, menjelaskan bahwa anggapan tersebut benar. Pasalnya kelistrikan di dalam mobil tidak stabil kadang naik dan turun.

Mobil Honda Brio terbakar diduga disebabkan power bank yang terbakarIstimewa Mobil Honda Brio terbakar diduga disebabkan power bank yang terbakar

“Tidak dianjurkan, baik untuk charger power bank maupun handphone. Sebab, mesin mobil berputar naik dan turun dan bisa merusak power bank itu sendiri,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Toyota Masih Punya Simpanan Produk Baru di Tahun Ini

Selain itu, penggunaan charger power bank maupun handphone bisa memengaruhi masa usia aki. Jika aki sudah over charger, tidak disarankan untuk charger power bank di mobil, karena berisiko membuat benda tersebut cepat rusak dan berpotensi meledak.

“Hal ini tentu sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil. Walaupun kemungkinan itu sangat kecil, bahaya atau risiko itu tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama dan jangan meninggalkan power bank di dalam mobil,” kata Didi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X