Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Sering Hujan, Perhatikan 5 Komponen Mobil Ini

Kompas.com - 15/09/2020, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan, ada baiknya pemilik kendaraan mulai lakukan pengecekan pada mobilnya. Jika bagian mesin sudah aman, lanjutkan periksa komponen yang sangat mendukung ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Tentu saja tujuannya biar berkendara lebih nyaman, dan paling penting lagi adalah aman. Pasalnya jika diabaikan, bukan tidak mungkin membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, setidaknya ada lima bagian yang harus baik kondisinya.

Baca juga: Pimpin Klasemen, Dovi Sebut MotoGP 2020 Aneh

Pertama dan yang terpenting adalah karet wiper. Pastikan kemampuannya menyapu air dari kaca sangat baik, dan sebaiknya diganti segera mungkin ketika sudah tidak sempurna lagi.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

“Lebih dari itu, bila kondisi karet sudah tidak baik, bisa merusak kaca karena gesekan,” ujar Sapta beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Kedua, perhatikan kaca yang berjamur. Ini perlu dilakukan perawatan dan dibersihkan segera, supaya pandangan jelas ketika berkendara di saat hujan.

Ketiga, komponen rem juga bisa menjadi perhatian, karena bila tak bagus perfomanya, terkadang bisa hilang kendali yang tentu akan membahayakan. Jadi butuh pembersih dan perawatan.

Baca juga: Super Giveaway Gelaran IMX 2020, Motor Listrik dan Suzuki Ignis

Keempat, pastikan juga kondisi lampu-lampu kendaraan bekerja maksimal, untuk mengantisipasi ketika terjadi hujan lebat saat berada di jalan. Sehingga bisa menjadi penanda bagi kendaraan lain agar tidak terjadi accident.

Kelima, yang tak kalah pentingnya adalah kembangan ban. Apabila sudah botak sebaiknya dilakukan penggantian.

“Sebab, jika kembangan ban tidak diperhatikan bisa menyebabkan selip dan berisiko membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang,” ucap Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com