Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Motor Sport Underbone Bekas, Satria FU Cuma Rp 7 Jutaan

Kompas.com - 07/09/2020, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, sepeda motor sport dengan model underbone alias ayam jago sempat populer. Tak banyak pabrikan yang bermain di kelas ini, sehingga pilihannya juga terbatas

Hanya ada tiga pilihan, yakni Suzuki Satria F150 (FU), Honda Sonic 150R, dan Kawasaki Athlete. Ketiga motor tersebut bisa dibilang sekarang ini menurun peminatnya.

Baca juga: Jangan Ketipu Akal-akalan Montir, Ini Tips Beli Motor Bekas

Meski demikian, tetap ada saja konsumen yang mencari kondisi bekasnya. Sebab, harga yang ditawarkan cukup jauh dari harga barunya alias anjlok.

Suzuki New Satria FU 150 (kiri) dan Honda New Sonic 150 R saat uji berkendara di halaman Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Senin (14/9/2015).KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suzuki New Satria FU 150 (kiri) dan Honda New Sonic 150 R saat uji berkendara di halaman Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Senin (14/9/2015).

"Motor sport Honda yang harganya anjlok itu Sonic 150R. Kalau yang lain, cenderung masih normal," ujar Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sekarang ini, Sonic 150R dibanderol Rp 23.450.000 (OTR Jakarta) dan Rp 23.850.000 (OTR Jakarta), tergantung dari varian warnanya. Sementara harga bekasnya, sudah ada di kisaran Rp 10 jutaan untuk tahun produksi 2016.

Baca juga: Akal-akalan Pedagang Motor Bekas Bikin Halus Suara Mesin

Wira Gunawan, dari diler motor bekas Wira Mandiri Motor, di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, Satria FU juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Satria juga turun sekali harga bekasnya. Turunnya bisa hampir setengahnya dari harga baru," kata Wira.

Kawasaki Athletewww.kompas.com Kawasaki Athlete

Harga baru Satria FU ada di angka Rp 25.360.000 (OTR Jakarta). Untuk harga bekasnya, tahun produksi 2016, ada di kisaran Rp 7 jutaan hingga Rp 8 jutaan.

Sedangkan untuk Kawasaki Athlete Pro, memang sudah berhenti dipasarkan sejak 2017. Harga bekasnya sekarang ada di kisaran Rp 9 jutaan hingga Rp 10 jutaan, untuk tahun produksi 2015 ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com