Jangan Langsung Ikuti Tren, Perhatikan Hal ini Sebelum Pasang Roof Box

Kompas.com - 02/09/2020, 19:01 WIB
Tren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeri Instagram/@kikianugrahaTren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeri

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, penggunaan roof box sebagai pemanis eksterior mobil banyak dilakukan para pencinta modifikasi. Selain itu, piranti yang satu ini juga berguna untuk menaruh barang.

Dengan demikian, tampilan mobil tak ketinggalan tren dan ruang di kabin lebih lega. Roof box juga memiliki berbagai model dan kapasitas.

Baca juga: Mau Pasang Roof Box, Ingat Mobil Jadi Mudah Oleng

Tapi, sebelum menggunakan roof box, pemilik mobil harus memasang cross bar atau roof bar terlebih dahulu. Sehingga, pemasangan roof box bisa lebih optimal dan aman.

Aplikasi roof box melalui empat pilar pintu.whalecarrier.com Aplikasi roof box melalui empat pilar pintu.

Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade, produsen Whale Carrier di Indonesia, mengatakan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memasang cross bar.

"Pertama, sesuaikan cross bar dengan jenis atap mobil. Kedua, perhatikan kekuatan atap mobil masing-masing pabrikan," ujar Halley, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pasang Roof Box untuk Harian Boleh-boleh Saja, Tapi dengan Syarat

Halley menambahkan, cross bar yang ada di pasaran bermacam-macam, maka itu perlu diperhatikan kekuatan atap mobil. Hindari memasang cross bar yang tidak sesuai dengan kapasitas atap mobil.

"Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah memastikan pemasangan cross bar sudah benar-benar kuat dan presisi. Cross bar harus bisa menahan guncangan dan juga saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi," kata Halley.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X