Mitos atau Fakta, Akhir Tahun Jadi Waktu Tepat untuk Beli Mobil?

Kompas.com - 28/08/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi jual beli mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi jual beli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa momen akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Sebab, biasanya akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari potongan harga, pengurusan kredit, hingga bonus aksesori.

Business Development Auto Loan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Zu Niki Mada, membenarkan fakta tersebut. Menurut dia, akhir tahun adalah waktu yang paling tepat untuk membeli mobil.

“Pada akhir tahun biasanya diler akan segera mengosongkan sisa produk yang belum terjual di tahun tersebut. Sebab, apabila stok masih sisa di tahun berikutnya, diler terpaksa harus menjual di bawah harga baru,” ujar Niki di sela bincang-bincang IOOF, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Hadir di IOOF 2020 Hari Ketiga, Nissan Bocorkan Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia

Mobil LCGC di GIIAS 2019.Kompas.com/Donny Mobil LCGC di GIIAS 2019.

Niki melanjutkan, itulah yang menjadi alasan utama mengapa setiap akhir tahun diler selalu menyajikan beragam promo pembelian kendaraan kepada masyarakat.

“Biasanya akan ada tiga penawaran menjelang akhir tahun yang dilakukan oleh diler dan sudah di-support dengan bank atau lembaga pembiayaan. Pertama adalah diskon, yang kedua bank akan support diler dengan down payment (DP) yang lebih rendah. Terakhir, cicilan yang jauh lebih ringan,” katanya.

Baca juga: 5 Komponen Motor yang Butuh Perhatian Ekstra Saat Panas Terik

Kendati banyak promo yang bisa didapat, membeli kendaraan pada akhir tahun juga ada kerugiannya, seperti unit yang didapat jelas produksi tahun sebelumnya, bahkan kalau inden baru bisa dikirim awal tahun berikutnya.

Belum lagi, jika membeli di akhir bulan, otomatis akan makan waktu untuk mengurus surat-surat, yang secara birokrasi sudah ada libur Natal dan tahun baru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X