Rutin Servis AC Mobil Bisa Bantu Cegah Kerusakan Lebih Parah

Kompas.com - 27/08/2020, 09:02 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas kendaraan pribadi yang baru saat ini sudah memiliki Air Conditioner ( AC) sebagai fitur standar. Sebagai fitur yang sering digunakan, AC juga perlu perawatan berkala.

Komponen pada AC meliputi kompresor, kondensor, evaporator, expansion valve, dryer, dan motor fan. Semua komponen tersebut saling bekerja bersamaan dan menghasilkan hawa dingin yang ditiupkan ke kabin mobil.

Kepala bengkel spesialis AC Rotary Bintaro, Kelvin Ong mengatakan, AC mobil yang tidak rutin diservis, kebocoran akan mudah terjadi, sehingga performanya jadi tidak maksimal.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Kini Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

“Sistem AC memiliki seal yang terbuat dari karet, bisa getas kalau sudah termakan usia. Selain itu, evaporator yang jarang dibersihkan, bisa berkarat lalu bocor,” ucap Kelvin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kelvin mengatakan, servis rutin pada AC mobil bisa berdasarkan waktu maupun kilometer. Jika berdasarkan waktu, bisa dilakukan tiga, enam, dan 12 bulan sekali. Sedangkan berdasarkan kilometer yaitu 5.000 km, 10.000 km, dan 20.000 km.

Baca juga: Suzuki Protes Race Direction Berlaku Tidak Adil di MotoGP Styria

Untuk servis yang bisa dilakukan juga terbagi menjadi servis kecil, sedang, dan besar. Semua penanganan servis harus memerhatikan terlebih dahulu kondisi AC nya.

“Ada suku cadang yang rutin untuk diganti, seperti filter kabin dan katup ekspansi diganti setiap 10.000 km dan dryer saat sudah 20.000 km. Harga suku cadangnya tergantung dari mobilnya, dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah,” kata Kelvin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X