Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Servis AC Mobil Bisa Bantu Cegah Kerusakan Lebih Parah

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas kendaraan pribadi yang baru saat ini sudah memiliki Air Conditioner (AC) sebagai fitur standar. Sebagai fitur yang sering digunakan, AC juga perlu perawatan berkala.

Komponen pada AC meliputi kompresor, kondensor, evaporator, expansion valve, dryer, dan motor fan. Semua komponen tersebut saling bekerja bersamaan dan menghasilkan hawa dingin yang ditiupkan ke kabin mobil.

Kepala bengkel spesialis AC Rotary Bintaro, Kelvin Ong mengatakan, AC mobil yang tidak rutin diservis, kebocoran akan mudah terjadi, sehingga performanya jadi tidak maksimal.

“Sistem AC memiliki seal yang terbuat dari karet, bisa getas kalau sudah termakan usia. Selain itu, evaporator yang jarang dibersihkan, bisa berkarat lalu bocor,” ucap Kelvin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kelvin mengatakan, servis rutin pada AC mobil bisa berdasarkan waktu maupun kilometer. Jika berdasarkan waktu, bisa dilakukan tiga, enam, dan 12 bulan sekali. Sedangkan berdasarkan kilometer yaitu 5.000 km, 10.000 km, dan 20.000 km.

Untuk servis yang bisa dilakukan juga terbagi menjadi servis kecil, sedang, dan besar. Semua penanganan servis harus memerhatikan terlebih dahulu kondisi AC nya.

“Ada suku cadang yang rutin untuk diganti, seperti filter kabin dan katup ekspansi diganti setiap 10.000 km dan dryer saat sudah 20.000 km. Harga suku cadangnya tergantung dari mobilnya, dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah,” kata Kelvin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/27/090200915/rutin-servis-ac-mobil-bisa-bantu-cegah-kerusakan-lebih-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke