Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mudah Mengenali Ban Bekas yang Disuntik

Kompas.com - 25/08/2020, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik curang seperti melakukan ukir ulang tapak (suntikan), banyak dilakukan pedagang ban mobil atau sepeda motor. Umumnya, hal itu sering dimanfaatkan penjual ban bekas dipinggir jalan.

Intinya, para pengguna mobil atau motor harus ektra hati-hati ketika membeli ban. Sebab, jika tidak teliti, akan berujung fatal karena ban merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan.

Oleh sebab itu, untuk terhindar dari masalah tersebut, pemilik kendaraan wajib tahu ciri ban suntikan yang dijual di toko ban bekas pinggir jalan. On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, memberikan sedikit tipsnya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Penumpang Jika Naik Bus yang Ugal-ugalan?

Beberapa tipe ban merek Bridgestone.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa tipe ban merek Bridgestone.

Paling utama, bisa dilihat dari garis warna yang ada pada ban tersebut. Jika dibuka tidak memiliki garis yang berwarna di telapkannya, maka dipastikan itu bukan ban baru.

Kedua, bisa dilihat juga dari ulir apakah terlihat rapi atau tidak. Biasanya, kalau yang suntikan itu dibuat ulang secara manual sehingga permukaannya tidak akan rata.

Baca juga: Tekan Potensi Kecelakaan, Ini Blind Spot pada Truk

“Secara harga sudah pasti lebih murah. Sebab, tidak ada biaya produksi lagi, hanya diukir oleh mereka,” kata Zulpata.

Kesimpulannya, ban yang diukir ulang itu apabila digunakan akan sangat berbahaya. Sebab, sebenarnya ban tersebut sudah tipis dan tidak layak pakai. Potensi meledak cukup besar, terutama ketika kendaraan terebut melaju kencang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.