Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Jual Replika Motor MotoGP Quartararo, Hanya 46 Unit

Kompas.com - 23/08/2020, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Motor Europe (YME) dan Yamaha Austria Racing Team (YART) GYTR Pro Shop resmi memproduksi replika YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRT, Jumat (21/8/2020).

Menariknya, motor yang menjadi tunggangan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli ini akan dijual ke konsumen secara terbatas yakni 46 unit.

Dilansir Paultan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Quartararo yang berhasil mendulang sukses pada MotoGP 2020 dan perayaan ulang tahun Petronas ke-46.

Sebagaimana diketahui, saat ini Quartararo tengah memimpin klasmen sementara musim ini dengan perolehan 67 poin.

Baca juga: Hasil FP4 GP Styria, Takaaki Nakagami Bikin kejutan

YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRTKOMPAS.com/Ruly YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRT

Dikembangkan bersama YART, sejumlah aspek mengalami perubahan di Yamaha R1 (basisnya) ini. Tak sekedar penggunaan livery dan cat, bagian mesin motor disebut mendekati level MotoGP.

Komponen performa yang disematkan juga melingkupi fairing serat karbon Genuine Yamaha Technology for Racing (GYTR) dan winglet.

Tidak ketinggalan, motor juga mendapatkan fork depan Ohlins FRGT, monoshock Ohlins TTX di belakang, serta kit knalpot balap dari pabrikan, tuas rem dan kopling Brembo, serta kaliper GP4-RX Brembo dengan spesifikasi balap.

Baca juga: Masih Nol Poin, Menghitung Peluang Marc Marquez Masih Bisa Juara Dunia

YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRTKOMPAS.com/Ruly YZR-M1 milik tim Petronas Yamaha SRT

Semakin spesial, meskipun hanya replika, pengerjaannya akan dilakukan langsung oleh mekanik yang sama dalam memasang livery di motor balap YZR-M1 SRT.

Adapun banyak unit yang diproduksi itu (46 unit) disesuaikan dengan usia Petronas yang baru mencapai 46 tahun. Setiap unit nantinya punya tanda identifikasi unik yang diukir di bagian segitiga (top yoke).

Sayangnya pihak Yamaha masih enggan untuk membeberkan harga jual motor tersebut. Namun laporan memperkirakan banderolnya sekitar 46 ribu euro atau Rp 801 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com