Mitos atau Fakta, Berbahayakah Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil?

Kompas.com - 23/08/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang kita mendengar anggapan yang beredar soal bahaya kesehatan menyalakan pendingin udara (AC) ketika masuk mobil, khususnya saat kabin panas, bisa dipastikan tidak benar.

Memang sebelumnya ada kabar yang beredar, kalau komponen di dalam mobil yang berbahan karet dan plastik itu bisa mengalami reaksi kimia saat terpapar sinar matahari.

Menakutkannya, hal itu dinilai bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Terkait hal ini, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, menampik hal tersebut. Bahkan, dirinya menyebut tidak ada informasi valid yang dia terima terkait fenomena itu.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Styria, Pol Espagaro Terdepan, Rossi ke-15

“Saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut. Sejauh ini belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk kabin mobil, terutama saat panas,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com.

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anjar menambahkan, etika ketika masuk ke dalam mobil, memang sebaiknya pada saat bersamaan juga membuka jendela sehingga ada pertukaran udara.

“Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara panas yang terjebak bisa keluar. Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan,” katanya.

Baca juga: Hasil FP4 GP Styria, Takaaki Nakagami Bikin kejutan

Sementara itu, dokter rumah sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, ruang kabin di mobil sebaiknya memang mendapatkan sirkulasi udara yang cukup sebelum digunakan.

Apalagi jika dibiarkan dalam waktu yang lama, sebab bisa menimbulkan toksin atau zat lain yang sifatnya buruk untuk kesehatan.

“Bila tertutup semalaman atau lebih, saat akan digunakan baiknya tidak langsung nyalakan AC, tetapi berikan waktu agar terjadi pertukaran udara dengan membuka pintu atau jendela mobil beberapa saat. Namun, jika hanya ditinggal sebentar boleh nyalakan AC bersamaan dengan membuka kaca mobil” ucap Daniel kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.