Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Berbahayakah Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil?

Kompas.com - 23/08/2020, 10:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang kita mendengar anggapan yang beredar soal bahaya kesehatan menyalakan pendingin udara (AC) ketika masuk mobil, khususnya saat kabin panas, bisa dipastikan tidak benar.

Memang sebelumnya ada kabar yang beredar, kalau komponen di dalam mobil yang berbahan karet dan plastik itu bisa mengalami reaksi kimia saat terpapar sinar matahari.

Menakutkannya, hal itu dinilai bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Terkait hal ini, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, menampik hal tersebut. Bahkan, dirinya menyebut tidak ada informasi valid yang dia terima terkait fenomena itu.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Styria, Pol Espagaro Terdepan, Rossi ke-15

“Saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut. Sejauh ini belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk kabin mobil, terutama saat panas,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com.

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Anjar menambahkan, etika ketika masuk ke dalam mobil, memang sebaiknya pada saat bersamaan juga membuka jendela sehingga ada pertukaran udara.

“Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara panas yang terjebak bisa keluar. Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan,” katanya.

Baca juga: Hasil FP4 GP Styria, Takaaki Nakagami Bikin kejutan

Sementara itu, dokter rumah sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, ruang kabin di mobil sebaiknya memang mendapatkan sirkulasi udara yang cukup sebelum digunakan.

Apalagi jika dibiarkan dalam waktu yang lama, sebab bisa menimbulkan toksin atau zat lain yang sifatnya buruk untuk kesehatan.

“Bila tertutup semalaman atau lebih, saat akan digunakan baiknya tidak langsung nyalakan AC, tetapi berikan waktu agar terjadi pertukaran udara dengan membuka pintu atau jendela mobil beberapa saat. Namun, jika hanya ditinggal sebentar boleh nyalakan AC bersamaan dengan membuka kaca mobil” ucap Daniel kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com