Mitos atau Fakta, Radiator Bermasalah Bisa Sebabkan Mobil Terbakar?

Kompas.com - 23/08/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba trofire.comIlustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar sudah sering terjadi dan rata-rata disebabkan karena korsleting listrik. Adanya penambahan instalasi kelistrikan yang tidak sesuai atau modifikasi sembarangan, bisa jadi pemicu terjadinya hubungan pendek arus listrik.

Tak hanya korsleting, kejadian mobil terbakar juga bisa disebabkan oleh permasalahan lain. Seperti kebocoran pada saluran bahan bakar termasuk juga kerusakan pada komponen radiator.

Komponen yang bentuknya mirip sarang lebah tersebut mempunyai peran yang sangat vital pada mesin mobil.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Cek Karet Wiper, Ini Alasannya

Fungsinya, yakni menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap terjaga dan tidak mengalami panas berlebih atau overheat saat digunakan.

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

Pemilik bengkel spesialis radiator Prayoga Angga menjelaskan, kondisi radiator harus selalu dipastikan tidak bermasalah.

Hal ini karena jika komponen pendingin mesin tersebut bermasalah maka efeknya akan cukup banyak.

“Kalau sampai terjadi kekosongan pada radiator bisa menyebabkan silinder bengkok dan harus turun mesin. Kemudian kerusakan pada radiator juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Baca juga: Selain Air Hujan, Ini Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Yoga menambahkan, sebagai komponen pendingin mesin maka radiator harus bisa menjaga suhu mesin dan bekerja secara otomatis untuk mendinginkannya.

Tetapi, jika radiator gagal melakukan tugasnya untuk menjaga suhu mesin hingga mengalami panas berlebih akan menyebabkan perangkat lain juga akan terpengaruh termasuk bagian kelistrikan.

Kondisi radiator yang mengalami kerusakan pada bagian pipa kapilernyaAri Purnomo Kondisi radiator yang mengalami kerusakan pada bagian pipa kapilernya

Radiator kan sebagai pendingin mesin, sehingga jika komponen itu mengalami panas semuanya juga akan panas. Bisa saja menyebabkan korsleting listrik dan terjadi kebakaran,” ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X