Zarco Dinyatakan Bersalah, Dihukum Start dari Pit Lane

Kompas.com - 22/08/2020, 08:02 WIB
Pebalap Esponsorama Racing, Johann Zarco. AFP/JAVIER SORIANOPebalap Esponsorama Racing, Johann Zarco.

SPIELBERG, KOMPAS.com - Setelah memanggil Johann Zarco dan Franco Morbidelli, Kamis (21/8/2020), FIM MotoGP Steward memutuskan Zarco bersalah atas insiden pada kecelakaan pekan lalu.

Setelah meninjau semua bukti video yang tersedia, tiga panelis yang terdiri dari Bill Cumbow, Freddie Spencer dan Ralph Bohnhorst, memutuskan Zarco bersalah karena lalai saat balapan.

Baca juga: Dorong Perekonomian, Menhub Kejar Proyek Stategis Transportasi Darat

"Anda ditemukan mengendarai motor dengan cara yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan kecelakaan," tulis keterangan Steward mengutip Crash.net, Jumat (21/8/2020).

Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020MotoGP Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

Sanksinya pada hari minggu Zarco akan start balapan dari pit di GP Styria, Austria, pada Minggu (23/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk alasan di atas dan dengan mempertimbangkan keseriusan pelanggaran tersebut, MotoGP Steward telah mengeluarkan hukuman untuk Anda, start dari jalur pit untuk (balapan) berikutnya," katanya.

Berikut keterangan resmi FIM MotoGP Steward:

Motif

"Pada 16 Agustus 2020 pukul 14:12 selama balapan MotoGP di MyWorld MOTORRAD GRAND PRIX VON OSTERREICH, di Tikungan 2 Anda ditemukan mengendarai dengan cara yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan kecelakaan."

"Ini bertentangan dengan pasal 1.21 peraturan Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix "Pebalap harus berkendara dengan cara yang bertanggung jawab yang tidak membahayakan pesaing atau peserta lain, baik di lintasan maupun di lintasan pit."

Sanksi

"Untuk alasan di atas dan dengan mempertimbangkan keseriusan pelanggaran tersebut, MotoGP Steward telah mengeluarkan hukuman untuk Anda, start dari jalur pit untuk (balapan) berikutnya,"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.