Jangan Naik Motor Pakai Sandal, Ini Alasannya

Kompas.com - 18/08/2020, 09:12 WIB
Pemotor di Jalur Pantura yang tidak menggunakan helm Stanly/KompasOtomotifPemotor di Jalur Pantura yang tidak menggunakan helm
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor menggunakan sandal sangat tidak direkomendasikan. Sebab sandal tidak dapat melindungi kaki jika terjadi kecelakaan atau insiden di jalan.

Jusri Pulubuhu, Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, saat naik motor paling ideal ialah menggunakan sepatu, karena membungkus kaki lebih baik.

"Sepatu pun juga berbagai macam. Paling ideal seperti sepatu balap, tapi buat naik motor biasa minimal bisa pakai sneakers atau yang bisa melindungi mata kaki," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Peminat Mobil Bekas di Balai Lelang Meningkat, Imbas Ganjil Genap?

Naik motor pakai sendalriauaktual.com Naik motor pakai sendal

Jusri mengatakan, sandal tidak direkomendasikan karena tidak sesuai dengan rujukan riding gear atau perlengkapan berkendara yang aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena pada dasarnya bicara rading gear itu ada dua rujukan, yaitu minimal dan ideal. Sedangkan sandal tak termasuk keduanya, bahkan untuk yang minimal," kata Jusri.

Pengertian riding gear minimal yakni helm, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Sedangkan ideal, yakni buat balap atau touring yang melindungi tubuh dengan standar tertentu.

"Jika sandal saja tidak memenuhi unsur itu apalagi tidak pakai sama sekali (nyeker). Tak jarang kita lihat saat hujan, pengendara sepatunya disimpan dan tidak pakai alas, padahal berbahaya," kata Jusri.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.