Ini Jenis Sepatu yang Ideal untuk Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 18/08/2020, 08:12 WIB
Motor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobber Gaadiwaadi.comMotor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobber
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor disarankan mengunakan sepatu bukannya sandal. Meski demikian, tidak semua sepatu dapat melindungi kaki secara optimal jika terjadi insiden di jalan.

Agus Sani, instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS), main diler Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, model sepatu yang ideal untuk naik motor ialah yang menutupi mata kaki.

Baca juga: Kasus Ambulans Terjadi Lagi, Catat Kendaraan yang Dapat Hak Utama di Jalan

Sepatu yang menutupi mata kaki dapat mengurangi benturan ketika kecelakaan. Kalau mata kaki terkena cedera, penyembuhannya bisa lama, bahkan bisa cedera serius,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Boots Renav x Johan Malik yang memakai konstruksi goodyear, salah satu koleksi yang dimiliki Renav Goods Co, Tangerang, Rabu (13/2/2019). Renav merupakan salah satu pegiat industri kreatif lokal di bidang sepatu boots dan aksesori kulit yang berhasil menembus pasar internasional.KOMPAS.com/ALDO CHRISTIAN SITANGGANG Boots Renav x Johan Malik yang memakai konstruksi goodyear, salah satu koleksi yang dimiliki Renav Goods Co, Tangerang, Rabu (13/2/2019). Renav merupakan salah satu pegiat industri kreatif lokal di bidang sepatu boots dan aksesori kulit yang berhasil menembus pasar internasional.

Selama menutupi mata kaki maka itulah sepatu yang aman buat berkendara. Sebab bukan hanya melindungi jari atau tumit dan bagian kaki yang lain, tapi juga menjaga pergelangan kaki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Atur Tekanan Udara pada Ban

Untuk pengendara motor bebek dan sport, Agus menyarankan untuk menggunakan sepatu yang ada haknya. Hal tersebut dikarenakan menjaga grip antara sepatu dengan footstep.

“Hak sepatu bermanfaat agar tidak licin saat kondisi basah maupun saat digunakan waktu mengerem atau melakukan pergantian gigi,” ucap Agus.

Sepatu yang digunakan bisa berbagai macam dari model boots, pantofel, atau sneakers dengan catatan sepatu tersebut nyaman digunakan dan tidak licin di footstep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.