Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Sepatu yang Ideal untuk Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 18/08/2020, 08:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor disarankan mengunakan sepatu bukannya sandal. Meski demikian, tidak semua sepatu dapat melindungi kaki secara optimal jika terjadi insiden di jalan.

Agus Sani, instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS), main diler Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, model sepatu yang ideal untuk naik motor ialah yang menutupi mata kaki.

Baca juga: Kasus Ambulans Terjadi Lagi, Catat Kendaraan yang Dapat Hak Utama di Jalan

Sepatu yang menutupi mata kaki dapat mengurangi benturan ketika kecelakaan. Kalau mata kaki terkena cedera, penyembuhannya bisa lama, bahkan bisa cedera serius,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Boots Renav x Johan Malik yang memakai konstruksi goodyear, salah satu koleksi yang dimiliki Renav Goods Co, Tangerang, Rabu (13/2/2019). Renav merupakan salah satu pegiat industri kreatif lokal di bidang sepatu boots dan aksesori kulit yang berhasil menembus pasar internasional.KOMPAS.com/ALDO CHRISTIAN SITANGGANG Boots Renav x Johan Malik yang memakai konstruksi goodyear, salah satu koleksi yang dimiliki Renav Goods Co, Tangerang, Rabu (13/2/2019). Renav merupakan salah satu pegiat industri kreatif lokal di bidang sepatu boots dan aksesori kulit yang berhasil menembus pasar internasional.

Selama menutupi mata kaki maka itulah sepatu yang aman buat berkendara. Sebab bukan hanya melindungi jari atau tumit dan bagian kaki yang lain, tapi juga menjaga pergelangan kaki.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Atur Tekanan Udara pada Ban

Untuk pengendara motor bebek dan sport, Agus menyarankan untuk menggunakan sepatu yang ada haknya. Hal tersebut dikarenakan menjaga grip antara sepatu dengan footstep.

“Hak sepatu bermanfaat agar tidak licin saat kondisi basah maupun saat digunakan waktu mengerem atau melakukan pergantian gigi,” ucap Agus.

Sepatu yang digunakan bisa berbagai macam dari model boots, pantofel, atau sneakers dengan catatan sepatu tersebut nyaman digunakan dan tidak licin di footstep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com