Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pengelola Jalan Tol Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Kompas.com - 16/08/2020, 17:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol yang memberikan keamanan dan kelancaran menjadi dambaan setiap pengguna kendaraan. Seperti PT Hutama Karya (Persero) yang mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan dengan program bernama Selamat Sampai Tujuan (Setuju).

Kampanye ini menjadi salah satu cara yang dilakukan Hutama Karya untuk memberikan rasa nyaman bagi pengguna jalan tol.

Seperti diketahui, kampanye Setuju telah diluncurkan pada 24 Desember 2019 atau bertepatan dengan momentum Mudik Natal dan Tahun Baru tahun lalu.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Bekas yang Jarang Dilirik Pembeli

Program Setuju bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengguna jalan tol mengenai cara berkendara aman melalui Buku Saku Setuju.Hutama Karya Program Setuju bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengguna jalan tol mengenai cara berkendara aman melalui Buku Saku Setuju.

Program Setuju memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman pengguna jalan tol mengenai cara berkendara aman melalui Buku Saku Setuju.

Di samping melakukan kampanye Setuju secara berkelanjutan, Hutama Karya juga melengkapi ruas tol dengan rambu yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan memberi pelayanan optimal bagi pengguna jalan tol.

Salah satunya dengan menyediakan rumble strip, rumble dot, dan lampu flip-flop untuk mencegahan terjadinya kecelalakaan lalu lintas.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

Ilustrasi pembangunan konstruksi yang dijalankan oleh PT Hutama Karya (Persero),Dok. PT Hutama Karya (Persero). Ilustrasi pembangunan konstruksi yang dijalankan oleh PT Hutama Karya (Persero),

Selain itu, Hutama Karya juga melakukan imbauan melalui pengeras suara di gerbang tol. Tak ketinggalan melakukan patroli malam, untuk menghentikan kendaraan yang terlihat berjalan kurang stabil.

Perusahaan juga memberikan operasi simpatik dengan membagikan kopi secara gratis kepada pengguna jalan tol.

“Kami tetap harus bisa melayani pengguna tol dengan maksimal namun juga dengan tetap menerapkan protoko Covid-19 yang ketat,” ujar Suroto, Direktur Operasi I PT Hutama Karya (Persero), dalam keterangan tertulis (15/8/2020).

Baca juga: Tes Baleno Facelift, Hatchback Termurah dari Suzuki

Petugas PT Hutama Karya memberikan ienderamata kepada pengguna tol saat memberikan imbauan agar tidak mudik di ruas gerbang tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Kamis (30/4). Pihak kepolisian bersama operator tol PT Hutama Karya mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol untuk tidak mudik guna memutus rantai penyebaran Covid-19. SEPTIANDA PERDANA/Antara Petugas PT Hutama Karya memberikan ienderamata kepada pengguna tol saat memberikan imbauan agar tidak mudik di ruas gerbang tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Kamis (30/4). Pihak kepolisian bersama operator tol PT Hutama Karya mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol untuk tidak mudik guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Peningkatan Survei Pelanggan

Berdasarkan catatan PT Sucofindo (Persero), Customer Satisfaction Index (CSI) Hutama Karya berhasil meningkat sekitar 89,6 persen, dibandingkan pada 2019 hanya sebanyak 85,4 persen.

Suroto juga mengatakan, peningkatan hasil survei kepuasan pelanggan menjadi pemicu bagi perusahaan untuk selalu memberikan kepuasan bagi pelanggan jalan tol di tengah pandemi.

Dari sisi pelayanan, Hutama Karya menekankan pada pentingnya Senyum, Sapa, Salam atau 3S. Khususnya untuk melayani pengguna jalan di seluruh tol yang dikelola pihakhya.

Pada masa pandemi, sejumlah masker, hand sanitizer, dan tongkat tol juga diberikan secara cuma-cuma kepada pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com