Kompas.com - 14/08/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu momok yang paling ditakutkan saat berkendara adalah mesin mobil mati mendadak di tengah jalan. Sebab, berbeda halnya jika hanya susah distarter, pada kasus mati mendadak mobil bisa saja dalam posisi berada di tengah jalan.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab mobil mati mendadak?

1. Rusaknya Altenator

Alternator merupakan salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Rusaknya bagian ini akan membuat aki jadi tidak bisa diisi.

“Biasanya kalau tiba-tiba mati karena altenatornya bermasalah, sehingga tidak bisa mengisi aki. Akibatnya mesin jadi mati,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, kepada Kompas.com.

Baca juga: Jangan Pakai Helm Motocross buat Harian

Menurut Didi, rusaknya altenator biasanya berbanding lurus dengan usia pakai mobil. Karena usia pakai ideal mobil lima tahun, setelah melewati masa tersebut maka ada kecenderungan penurunan kinerja altenator.

Namun ada kalanya altenator juga bisa rusak lebih cepat karena penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar, seperti modifikasi lampu, pemasangan audio dan monitor yang tidak memperhitungkan kemampuan aki dan altenator.

Ilustrasi mesin overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin overheat

2. Sekering Putus

Bila salah satu sekering putus, kemungkinan ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik, terutama yang terhubung dengan sekering tersebut.

Seperti altenator, sekering juga bisa rusak jika suplai listrik melebihi kebutuhan. Karena itu sebaiknya ukuran sekering juga disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listriknya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Film Bisa Bikin Mobil Irit Bensin?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.