Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nostalgia Deretan Motor Bebek 2-Tak Idola '90-an

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era 1990-an, sepeda motor bermesin 2-tak pernah mengalami masa kejayaannya. Karena punya tenaga yang mumpuni, motor jenis ini pernah menjadi idola anak muda pada masa itu.

Motor 2-tak yang menjadi idola anak muda tidak hanya yang berjenis sport, tetapi juga bebek. Untuk jenis yang terakhir ini, ada beberapa motor bebek 2-tak yang pernah menjadi tunggangan idaman anak baru gede (ABG) pada era '90-an.

Bebek 2-tak yang pernah menjadi idola biasanya adalah motor yang menjadi andalan di arena road race. Kira-kira apa saja? Berikut deretan yang sudah Kompas.com rangkum:

1. Suzuki Satria

Namun, karena kapasitas silindernya nanggung, Satria 120 yang dipakai balap biasanya harus diturunkan cc-nya (bore down) menjadi 110cc atau dinaikkan (bore up) menjadi 125cc.

2. Yamaha F1ZR

F1ZR dihentikan produksinya oleh Yamaha pada pertengahan era 2000-an. Sebab, berdasarkan regulasi emisi gas buang, karbon pada mesin 2-tak dianggap tidak memenuhi acuan EURO III.

3. Honda Nova Series

Honda Nova Series terdiri dari Nova Tena 110RS dan Nova Dash 125. Berbeda dengan bebek 2-tak lainnya, Honda mengusung konsep ayam jago untuk produk andalannya itu.

4. Cagiva Stella

Karena bukan buatan pabrikan Jepang, peredaran Cagiva Stella tidak sebanyak bebek 2-tak lainnya. Motor ini umumnya hanya dijumpai di kota-kota besar.

5. Yamaha 125Z

Yamaha 125Z memiliki spek yang cukup mumpuni, misal shockbreaker-nya punya diameter as yang cukup besar (27 mm), jadi lebih nyaman dan stabil digunakan saat kecepatan tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/12/132100315/nostalgia-deretan-motor-bebek-2-tak-idola-90-an

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke