Kompas.com - 24/07/2020, 15:01 WIB
Mengenal panel speedometer Stanly/OtomaniaMengenal panel speedometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu indikator yang ada pada panel meter bukanlah suatu hal yang baru. Meski begitu, masih banyak pengemudi belum paham sepenuhnya makna dari indikator tersebut, padahal produsen sudah membuatnya agar mudah dipahami.

Indikator berupa lambang atau lampu yang terletak pada panel instrumen dasbor mobil memberi petunjuk, atau berbagai informasi penting kondisi mobil pada saat itu. Ini penting, agar ketika mobil mengalami gangguan bisa segera ditangani atau diantisipasi.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, jangan sampai mengabaikan lampu indiktator yang menyala pada panel meter.

“Sebab, bisa berakibat fatal jika ditinggalkan,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Apa Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Matik

Selain melalui lambang atau gambar, lampu indikator juga menyampaikan pesannya melalui warna. Pada umumnya terdapat tiga warna berbeda yakni hijau, kuning, dan merah.

Setiap warna memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Sebagai cara sederhana, pahami dan kenalilah arti dan maksud dari indikator tersebut, salah satunya dengan skala prioritas berdasarkan warna.

Indikator bensin hmsmotoblog.wordpress.com Indikator bensin

Baca juga: Alasan Ibu Kota Belum Berlakukan Kembali Ganjil Genap

- Pertama, warna hijau. Ini menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

“Warna hijau bisa jadi penanda kalau lampu dinyalakan atau lampu kabut dinyalakan,” ujar Didi.

- Kedua, warna kuning. Ini menandakan bahwa terdapat kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi, baik pengecekan ataupun sekedar peringatan untuk berhati-hati (waspada).

Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.

- Ketiga, warna merah. Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan bisa berakibat fatal.

Jika warna ini muncul, maka disarankan untuk segera berhenti dan secepatnya mengatasi masalah tersebut. Warna ini juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.